PENGARUH METODE RESOURCE PERSON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SDN 2 SEDONG LOR KABUPATEN CIREBON

UFI MUPLIHATUN, (2013) PENGARUH METODE RESOURCE PERSON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SDN 2 SEDONG LOR KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
UFI MUPLIHATUN_OK-min.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

UFI MUPLIHATUN : Menciptakansuasana kelas atau iklim belajar mengajar guru diharapkan dapat memotifasi siswa untuk senantiasa belajar dengan baik dan semangat. Dengan iklim belajar mengajar yang menantang berkompetensi secara sehat serta memotifasi siswa dalam belajar, akan berdampak positif dalam penyampaian hasil belajar yang optimal. Sebaliknya, suatu hal apapun yang dilakukan oleh guru tidak akan mendapat respon dari siswa secara aktif. Oleh karena itu guru harus memiliki kemampuan dalam memilih dan sekaligus menggunakan metode mengajar yang tepat, yaitu dengan menggunakan metode resource person, karena metode tersebut tidak banyak digunakan oleh kalangan guru pada umumnya, serta menciptakan suasana dan motifasi baru untuk peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui data tentang penggunaan metode resource person dalam proses belajar matematika, data tentang hasil belajar matematika, dan pengaruh metode resource person terhadap hasil belajar matematika siswa di SDN 2 Sedonglor Kabupaten Cirebon. Sebagai kerangka pemikiran membahas tentang metode resource person. Penggunan metode resource person (Narasumber) sangat baik dalam materi pelajaran matematika, karena dengan metode tersebut suasana kelas menjadi lebih hidup, merangsang anak didik agar perhatiannya tercurah kepada masalah yang dibicarakan, serta melatih murid agar lebih aktif dalam belajar. Setiap proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh peserta didik akan menghasilkan hasil belajar. Di dalam proses pembelajaran, guru sebagai pengajar sekaligus pendidik memegang peranan dan tanggungjawab yang besar dalam rangka membantu meningkatkan keberhasilan peserta didik dipengaruhi oleh kualitas pengajaran dan faktor intern dari siswa itu sendiri. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran angket, tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas IV SDN 2 Sedonglor yaitu 19 siswa dengan sampel 19 siswa. Analisis datanya menggunakan SPSS 16.0. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada metode resource person terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Sedonglor Kabupaten Cirebon. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:27
Last Modified: 10 Apr 2017 04:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1886

Actions (login required)

View Item View Item