PENGARUH PENDEKATAN MORAL REASONING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM DI SD NEGERI 2 KOREAK KECAMATAN CIGANDAMEKAR KABUPATEN KUNINGAN

YATI SUMYATI, (2014) PENGARUH PENDEKATAN MORAL REASONING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM DI SD NEGERI 2 KOREAK KECAMATAN CIGANDAMEKAR KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YATI SUMYATI_OK-min.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstract

YATI SUMYATI : Pelaksanaan pembelajaran tidak terlepas dari perencanaan pembelajaran yang baik. Kesesuaian penggunaan pendekatan, metode dan strategi dengan tujuan pembelajaran adalah salah satu hal penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Pemilihan pendekatan yang baik akan member kemudahan bagi guru dalam menyajikan materi kepada siswa, serta akan menimbulkan ketertarikan siswa dalam belajar,sehingga hala ini akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang penggunaan pendekatan moral reasoning pada pembelajaran IPA, bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan moal reasoning pada pembelajaran IPA, dan bagaimana pengaruh pengunaan pendekatan moral reasoning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Proses belajar mengajar sendiri dapat dikatakan berhasil, apabila ketuntasan belajar telah mencapai target yang telah ditentukan. Namun seringkali dalam proses belajar banyak siswa yang belum mencapai KKM. Dalam meningkatkan hasil belajar perlu adanya penggunaan pendekatan yang tepat dan untuk menunjang keberhasilan siswa dalam proses pembelajarannya. Pengumpulan data yang dilakukan penulis menggunakan, angket dan tes. Populasi ini diambil dari seluruh siswa kelas V di SD Negeri 2 Koreak yang berjumlah 21 siswa, , Sampel yang dijadikan obyek penelitian adalah kelas V yang berjumlah 21 di ambil dari populasi itu sendiri atau disebut sampling jenuh, Dimana sampling jenuh ini dilakukan jika semua anggota populasi dijadikan sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pendekatan moral reasoning dalam pelajaran IPA di SD Negeri 2 Koreak kecamatan cigandamekar kabupaten kuningan, menurut 21 responden dinyatakan sangat baik, karena berdasarkan interpretasi didapatkan nilai 82,3% yang artinya terletak pada daerah sangat baik. Dari pengujian statistik di peroleh hasil uji regresi dimana variable pendekatan moral reasoning memiliki nilai p-Value (pada kolom sig.) 0,000. Dan 0,000 < Level of significant 0,05, dan ttabel (1,73) < thitung (4,762) Ha diterima dan Ho ditolak. Terdapat pengaruh yang dignifikan penggunaan pendekatan moral reasoning terhadap hasil belajar siswa sebesar 54,4%, nilai ini didapatkan dari hasil uji determinasi dan sisanya sebesar 45,6% dipengaruhi oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:34
Last Modified: 10 Apr 2017 04:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1889

Actions (login required)

View Item View Item