PENINGKATAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSIKAN HEWAN UNGGAS DENGAN BAHASA TULIS MENGGUNAKAN GAMBAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Tegalurung Balongan Indramayu )

YULAEHA, (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENDESKRIPSIKAN HEWAN UNGGAS DENGAN BAHASA TULIS MENGGUNAKAN GAMBAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Tegalurung Balongan Indramayu ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YULAEHA_OK-min.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

YULAEHA : Seiring dengan tanggung jawab profesional pengajar dalam proses pembelajaran, maka dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran setiap guru dituntut untuk selalu menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan program pembelajaran yang akan berlangsung, salah satunya adalah media dan pendekatan. Pemilihan media dan pendekatan yang tepat, yaitu disesuaikan dengan pola berpikir siswa yang disesuaikan dengan tingkatan kelasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Tegalurung Balongan Indramayu melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan media gambar hewan unggas dalam mendeskripsi secara tertulis. 2. Mengetahui peningkatan aktivitas siswa kelas II Madarasah Ibtidaiyah Islamiyah Tegalurung Balongan Indramayu dalam pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan mendayagunakan media gambar hewan unggas. 3. Mengetahui peningkatan keterampilan guru (peneliti) dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dalam setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi yang berupa check list dan skala penilaian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Tegalurung Balongan Indramayu yang berjumlah 120 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Tegalurung Balongan Indramayu yang berjumlah 23 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual menggunakan media gambar hewan unggas dapat meningkatkan keterampilan mendeskripsi secara tertulis, dapat meningkatkan aktifitas siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Tegalurung Balongan Indramayu, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar yang meningkat dari setiap siklusnya, dan dapat meningkatkan keterampilan guru (peneliti) dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian tiga siklus ini menunjukkan bahwa pertama, pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan gambar hewan unggas dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mendeskripsi secara tertulis. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian, yaitu prosentase sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 30,4%, siklus I 47,8%, siklus II 60,9%, dan pada siklus III mencapai 87%. Kedua, pembelajaran melaui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan media gambar dapat meningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang terlihat dari kesungguhan mengerjakan tugas, kerja sama dalam kelompok, serta antusiasme dan keceriaan siswa saat pembelajaran. Ketiga, pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran, yakni guru menjadi lebih aktif dan kreatif dalam memotivasi siswa dalam belajar sehingga siswa lebih mudah dalam menerima pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada rekan guru agar menggunakan gambar sebagai model dalam pembelajaran mendeskripsi secara tertulis untuk mempermudah siswa dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Bagi pihak-pihak yang ingin meneliti lebih lanjut disarankan untuk mengembangkan pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan gambar yang lebih kreatif dan bervariasi. Bagi praktisi pendidikan dan masyarakat supaya mendiskusikan dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran mendeskripsi secara tertulis. Kata Kunci : Penerapan pendekatan kontekstual, media gambar, meningkatkan keterampilan mendeskripsi secara tertulis

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:39
Last Modified: 10 Apr 2017 04:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item