PENGARUH JASA KREDIT RENTENIR TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT ( STUDI KASUS DESA KARANGANYAR KEC. KANDANGHAUR KAB. INDRAMAYU )

TUNERAH, (2015) PENGARUH JASA KREDIT RENTENIR TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT ( STUDI KASUS DESA KARANGANYAR KEC. KANDANGHAUR KAB. INDRAMAYU ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NERA MEPI 2015 (WM BLM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

TUNERAH. 14112210152. Pengaruh Jasa Kredit Rentenir Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Studi Kasus Desa Karanganyar Kec. Kandanghaur Kab. Indramayu, 2015. Skripsi. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kebutuhan akan uang tunai yang mendesak, membuat peranan rentenir menjadi penting sebagai pemasok dana bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. Ikatan batin yang dekat antara rentenir dengan peminjamnya membuat urusan mekanisme transaksi kredit menjadi sangat mudah dan cepat, serta angsurannya yang dirasakan tidak ketat. Akan tetapi, pinjaman dari rentenir ini hanya mengatasi kesulitan dana untuk sementara waktu saja, artinya kenikmatan hutang yang diperolehnya hanya dirasakan sesaat. Sebab, dengan meminjam dari rentenir, kebanyakan masyarakat justru terjerat kesulitan baru yang bukan tidak mungkin malah menjadi lebih rumit. Niat hendak meningkatkan kesejahteraan dengan adanya suntikan modal malah berujung pada pengeluaran baru (bunga). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan kredit rentenir sebagai variabel bebas serta penurunan kesejahteraan masyarakat sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode studi kasus dengan sumber data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang mempunyai pinjaman pada rentenir di Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 orang dari 446 peminjam kredit di Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. adapun pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data dengan menggunakan alat analisis validitas, reabilitas, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Kesimpulan penelitian ini adalah : Hasil perhitungan product moment diperoleh nilai 0,439 yang berada diantara 0,40–0,599 berarti mempunyai memiliki pengaruh yang sedang dan hasil perhitungan uji determinasi diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,192 (19%). Hal ini menunjukan bahwa kredit rentenir memberikan pengaruh terhadap penurunan kesejahteraan masyarakat sebesar 19%, melalui persamaan regresi Ŷ = 1,247 + 0,207X, sedangkan sisanya yaitu 81% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga hipotesis yang diajukan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara jasa kredit rentenir terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Jan 2017 04:40
Last Modified: 07 Apr 2017 02:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item