STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY SYARIAH MAKANAN KHAS GUNUNG JATI TERHADAP MINAT BELI PARA PEZIARAH (Studi Kasus Home Industry M. Iqbal Komplek Sunan Gunung Jati Cirebon)

NISHFI AWALIYAH, (2015) STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY SYARIAH MAKANAN KHAS GUNUNG JATI TERHADAP MINAT BELI PARA PEZIARAH (Studi Kasus Home Industry M. Iqbal Komplek Sunan Gunung Jati Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NISFY MEPI 2015 (WM BLM).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

NISHFI AWALIYAH : (14112210104) “STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY SYARIAH MAKANAN KHAS GUNUNG JATI TERHADAP MINAT BELI PARA PEZIARAH (Studi Kasus Home Industry M. Iqbal Komplek Sunan Gunung Jati Cirebon)”. Makanan khas di Indonesia merupakan cermin dari budaya dan tradisi yang berasal dari kepulauan nusantara dan peran penting bagi budaya nasional Indonesia secara umum. Berbagai macam yang diciptakan oleh industri rumahan atau home industry paling diminati para pembelinya yaitu makanan dan minuman. Salah satunya makanan khas yang diciptakan oleh warga Gunung Jati yaitu intip atau kerak nasi dan kripik melinjo. Salah satu home industry yang ada di Gunung Jati yaitu home industry M. Iqbal yang memproduksi dan menjual makanan khas dari Gunung Jati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran home industry makanan khas Gunung Jati terhadap minat beli para peziarah. Dengan menempatkan Home Industry M. Iqbal Komplek Sunan Gunung Jati Cirebon. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan strategi dan faktor-faktor yang mempengaruhi makanan khas yang berasal dari Gunung Jati produksi home industry M. Iqbal. Adanya home industry M. Iqbal dapat memberikan sumbangan terhadap daerah dan mendorong masyarakat sekitar dalam pemberdayaan ekonomi. Metodologi penelitian yang dilakukan peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis penelitian ini pada dasarnya yaitu penelitian yang tidak menggunakan data yang terdiri angka-angka sebagai ukuran, tetapi lebih bersifat kategori substansif yang kemudian diinterpretasikan dengan rujukan, acuan atau referensi secara ilmiah. Analisis data yang digunakan yaitu triangulasi data yang mana penulis menggunakan sumber data dan bukti dari situasi yang berbeda melalui orang, waktu, dan ruang. Hasil dari penelitian ini antara lain; Pertama, strategi yang digunakan di home industry M. Iqbal dalam memperkenalkan produknya melalui strategi produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, dan proses produksi yang dilakukan. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi home industry M. Iqbal, antara lain kekuatan pada produk makanan khas yang dapat memperkenalkan Gunung Jati, peluang adanya komplek pemakanan Sunan Gunung Jati dapat menjadikan produk makanan khas terkenal pada peziarah, kelemahan saat musim penghujan yang sulit untuk produksi, dan ancaman ketika datang makanan khas lain yang masuk ke Gunung Jati. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Home Industry Syariah dan Minat Beli

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Jan 2017 04:48
Last Modified: 12 Jun 2017 04:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item