ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBIAYAAN MURA>BAHAH} (Studi Kasus PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Cirebon)

NOVA GINA MUTIA, (2015) ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBIAYAAN MURA>BAHAH} (Studi Kasus PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOVA 2015 MEPI (WM BLM).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

NOVA GINA MUTIA 14112220183 “ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBIAYAAN MURĀ>BAHAH}” (STUDI KASUS PT BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG CIREBON). Skripsi 2015. Dengan pertumbuhan perbankan syariah yang sangat pesat dan meningkatkan pangsanya dalam sisi pembiayaan, terutama pembiayaan konsumtif dengan akad Mura>bahah} yang terus mengalami peningkatan tiap tahunnya dan merupakan pembiayaan yang memberikan komposisi pembiayaan terbesar dibanding pembiayaan lainnya. Namun di dalam pembiayaan yang disalurkan diperlukan prinsip kehati-hatian dikarenakan pembiayaan memiliki risiko, untuk risiko yang terjadi bisa disebabkan oleh faktor eksternal yang berasal dari nasabah dan faktor internal yang berasal dari pihak bank itu sendiri sehingga dibutuhkan sistem informasi akuntansi yang memadai untuk mencapai tujuan perusahaan serta pengendalian internal perbankkan terhadap pemberian pembiayaan mura>bahah} agar pembiayaan tersebut dapat berjalan efektif. Oleh karena itu penulis dalam penelitian ini bertujuan untuk membahas” Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Pembiayaan Mura>bahah} (Studi Kasus PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Cirebon). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan metode dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu menggambarkan dan meringkaskan berbagai kondisi, situasi atau berbagai variabel. Dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan model non participant observation yaitu peneliti tidak terlibat dengan aktivitas yang tengah berlangsung, wawancara kepada pihak Bank BNI Syariah Kantor Cabang Cirebon terdiri dari bagian sales pembiayaan dan bagian processing pembiayaan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi pembiayaan mura>bahah} sudah diterapkan oleh PT Bank BNI Syariah kantor cabang Cirebon dan telah memadai serta memenuhi unsur-unsur sistem informasi akuntansi. Sedangkan pengendalian internal dapat dikatakan telah efektif. yang terdiri dari komponen pengendalian internal yaitu lingkungan pengendalian, penaksiran risiko, informasi dan komunikasi, aktivitas pengendalian dan pemantauan. Dalam praktiknya pada pembiayaan, hanya saja lingkungan pengendalian pada manajemen selalu menetapkan target pembiayaan yang tinggi sehingga karyawan bisa saja mengabaikan prosedur atau peraturan yang telah ditetapkan pada Bank. Dan penerapan sistem informasi akuntansi dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pembiayaan mura>bahah} diukur dari NPF pada Bank BNI syariah Kantor Cabang Cirebon menunjukkan tingkat NPF yang berfluktuatif namun masih dibawah standar BI yaitu 5% Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Pengendalian Internal, Pembiayaan Mura>bahah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Jan 2017 05:40
Last Modified: 12 Jun 2017 04:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item