ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI (PSAK) NO. 105 TENTANG PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT) BINA UMAT SEJAHTERA INDRAMAYU

Patkiyah, (2015) ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI (PSAK) NO. 105 TENTANG PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT) BINA UMAT SEJAHTERA INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PATKIYAH MEPI 2015 (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Patkiyah NIM: 14112210118 “Analisis Penerapan PSAK No. 105 tentang Pembiayaan Mudharabah pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Bina Umat Sejahtera Indramayu”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan keuangan mikro syari‟ah khususnya lembaga Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) yang memiliki peran penting dalam perekonomian, dimana pengusaha mikro masih sulit berkembang. Ini disebabkan karena pengusaha mikro yang umumnya dari kalangan lapisan masyarakat bawah hampir tidak tersentuh dan dianggap tidak memiliki potensi dana oleh lembaga keuangan formal terutama lembaga keuangan konvensional. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana sistem pembiayaan mudharabah pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Bina Umat Sejahtera Cabang Indramayu dan Apakah penerapan akuntansi pembiayaan mudharabah pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Bina Umat Sejahtera telah sesuai dengan PSAK 105. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan PSAK No. 105 tentang pembiayaan mudharabah pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Bina Umat Sejahtera Indramayu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Data penelitian ini diperoleh adalah data primer yang dilakukan melalui observasi dan wawancara langsung dengan pihak khususnya bagian pembiayaan. Adapun, data sekunderdiperolehdengancaratelaahpustakadan literatur ilmiahlainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembiayaan mudharabah merupakan suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang telah disusun dengan skema pembiayaan yang menyeluruh. Prosedur-prosedur dalam sistem pembiayaan mudharabah yang diterapkan pada BMT Bina Umat Sejahtera dapat diklasifikasikan atas empat prosedur yaitu prosedur aplikasi pembiayaan mudharabah, prosedur realisasi pembiayaan mudharabah, prosedur monitoring pembiayaan mudharabah, dan prosedur penutupan fasilitas pembiayaan mudharabahdan Perlakuan Akuntansi Mudharabah yang diterapkan oleh BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Indramayu telah sesuai dengan PSAK 105, Kesesuaian tersebut terdapat pada karakteristik, pengakuan dan pengukuran, pengungkapan, kecuali pada penyajian. Kata kunci: SistemPembiayaan, PembiayaanMudharabah, PSAK 105.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Jan 2017 06:19
Last Modified: 12 Jun 2017 04:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item