EFEKTIVITAS PENYALURAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DALAM MEMBERDAYAKAN UKM DI DESA BANYUSARI KECAMATAN MALAUSMA (Studi Kasus pada BRI Unit Malausma)

RISKA WIDIANTI, (2015) EFEKTIVITAS PENYALURAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DALAM MEMBERDAYAKAN UKM DI DESA BANYUSARI KECAMATAN MALAUSMA (Studi Kasus pada BRI Unit Malausma). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF RISKA WIDIANTI (WM BLM).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

RISKA WIDIANTI (14112210127): EFEKTIVITAS KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DALAM MEMBERDAYAKAN UKM DI DESA BANYUSARI KECAMATAN MALAUSMA (STUDI KASUS PADA BRI UNIT MALAUSMA) UMKM telah berkontribusi membantu pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Indonesia, dari tahun ke tahun pergerakan UMKM semakin meningkat. Akan tetapi dalam perkembangannya UMKM tidak memiliki akses dan kapabilitas kedalam sistem keuangan. Oleh karena itu pemerintah dengan kebijakan fiskalnya berupaya memberikan stimulus permodalan terhadap UKM untuk menunjang kegiatan usahanya dengan menyalurkan KUR. KUR adalah skema kredit usaha khusus bagi UMKM dan koperasi yang telah memenuhi standar kelayakan usaha namun tidak mempunyai agunan sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh perbankan. Dengan ungkapan lain melalui program KUR pemerintah berupaya meningkatkan akses kredit untuk UMKMK kepada perbankan dengan cara meningkatkan kapasitas perusahaan penjamin Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauhmana efektivitas KUR dalam memberdayakan UKM di Desa Banyusari Kecamatan Malausma. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskripif, dimana metode ini terdiri dari wawancara, studi lapangan dan dokumen data-data real, selain data hasil dari lapangan, sebagai pelengkap maka data tersebut dikomparatifkan dengan data penelitian terdahulu. Penelitian ini dilakukan pada dua tempat yakni BRI Unit Malausma dan tempat nasabah KUR BRI Unit Malausma. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwasannya penyaluran KUR pada BRI Unit Malausma telah efektif dalam memberdayakan UKM di Desa Banyusari Kecamatan Malausma. Hal ini dapat dilihat berdasarkan peniliaian efektivitas KUR dilihat dari tujuannya, KUR pada BRI Unit Malausma telah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu dapat meningkatkan akses UKM di Desa Banyusari Kecamatan Malausma kepada sumber kredit yaitu BRI Unit Malausma dengan mudah dan dapat membantu memberdayakan usaha mereka menjadi lebih berkembang. Dilihat dari aspek pelaksanaan KUR pada BRI Unit Malausma telah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 22/Pmk.05/2010 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 135/Pmk.05/2008 Tentang Fasilitas Penjaminan Kredit Usaha Rakyat. Selain itu dilihat dari jumlah penyalurannya BRI Unit Malausma dari tahun ke tahun mengalami kenaikan, dilihat dari hasil usaha debitur KUR BRI Unit Malasuma mengalami kenaikan dan lebih baik, dan dilihat tingkat pengembaliannya hampir semuanya ada dalam keadaan lancar walaupun ada dua orang yang dalam perhatian khusus tapi masih bisa untuk diusahakan. Kata kunci: KUR, UMKM, Memberdayakan, Tahun, Usaha, Menigkatkan, Pemerintah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Jan 2017 06:54
Last Modified: 12 Jun 2017 04:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item