PENGARUH PENERAPAN TES DIAGNOSTIK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP SATU ATAP NEGERI LOSARI KABUPATEN CIREBON

Huda Laeliyah, (2015) PENGARUH PENERAPAN TES DIAGNOSTIK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP SATU ATAP NEGERI LOSARI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HUDA LAELIYAH IPS 2015(WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Huda Laeliyah : IPS merupakan salah satu Mata Pelajaran yang masih dianggap sulit oleh beberapa siswa, baik siswa menengah atas maupun siswa menengah pertama. Salah satu penyebab utama kesulitan tersebut adalah bahwa dalam IPS banyak mengandung konsep-konsep yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan penguasaan konsep-konsep kongkrit, karena untuk memahami konsep yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi karena ips adalah salah satu mata pelajaran yang membosankan, belajar merupakan suatu proses kegiatan aktif siswa dalam membangun makna dan pemahaman maka siswa perlu diberikan waktu yang memadai. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsentrasi belajar IPS siswa pada pelajaran IPS di SMP Satu Atap Negeri Losari Cirebon. Kegiatan belajar mengajar adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh siswa sebagai pelajar dan guru yang memiliki peranan sebagai pengajar, dimana dalam kegiatan belajar ini ada satu keterkaitan yang sangat erat antara siswa dan guru. kegiatan belajar mengajar salah satu kegiatan yang dilakukan oleh siswa sebagai pelajar dan guru yang memiliki peranan sebagai pengajar, dimana dalam kegiatan belajar ada suatu keterkaitan yang sangat erat antara siswa dengan guru sehingga terjadi interaksi pembelajaran, pada suatu kegiatan belajar daya tangkap kemampuan peserta didik materi pelajaran berbeda-beda. Kemampuan peserta didik memang tidak langsung diterima seluruhnya dan perlu adanya tahap-tahap agar materi cepat diserap Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif cara pengumpulan datanya yaitu dengan mengunakan teknik angket dokumentasi, dan observasi, penelitian ini mengambil populasi kelas VIII SMP Satu Atap Negeri Losari Cirebon dengan jumlah siswa 69 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, penerapan tes diagnostik, tidak berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa kelas VIII SMP Satu Atap Negeri Losari. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan regresi, diperoleh thitung sebesar 0,094 sedangkan ttabel sebesar 0,457. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, artinya konsentrasi belajar setelah mengikuti pembelajaran IPS dengan menggunakan tes diagnostik tidak lebih baik daripada konsentrasi belajar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan tes diagnostik. Nilai rata-rata tes diagnostik yaitu 72,9 sedangkan untuk nilai rata-rata konsentrasi belajar ips yaitu 71 68. Kata Kunci : Tes Diagnostik, Konsentrasi Belajar IPS

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 13 Apr 2017 02:52
Last Modified: 13 Apr 2017 02:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2100

Actions (login required)

View Item View Item