HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT MEMBACA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS X DI SMKN I LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON

AGUSTINA NINGSIH, (2015) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT MEMBACA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS X DI SMKN I LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
INA AGUSTINA IPS 2015 (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

AGUSTINA NINGSIH : Dalam Hal kebiasaan belajar, siswa di SMKN I Lemahabang masih kurang memperhatikan kebiasaan belajarnya hal ini dapat dilihat dari segi keteraturan dalam belajar, kebiasaan mempersiapkan keperluan studi, kebiasaan hadir di kelas sebelum pelajaran, serta kebiasaan belajar sampai paham dan tuntas. Dalam minat membaca pun masih kurang, hal ini dapat dilihat dari segi kebiasaan dalam mengunjungi perpustakaan, kesenangan dalam membaca, kesadaran akan manfaat membaca, kurangnya menyempatkan waktu untuk membaca, serta dari jumlah buku yang dia baca. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk memperoleh data tentang kebiasaan belajar siswa pada mata pelajaran IPS, Minat membaca siswa pada mata pelajaran IPS, Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, Seberapa besar hubungan antara kebiasaan belajar dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Selain mempunyai kebiasaan belajar yang baik, membaca juga merupakan tuntutan penting bagi para siswa. Karena pada dasarnya belajar memang tidak dapat lepas dari aktivitas membaca. Kegiatan membaca yang dilakukan di sekolah biasanya merupakan suatu alat untuk dapat menguasai semua bahan pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMKN I Lemahabang yang berjumlah 300 siswa, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive, yakni 45 siswa kelas X PM2. Metode penelitian ini menggunakan metode empirik kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS ditunjukan oleh nilai thitung 2,146 > ttabel 2,021 dengan nilai signifikansi 0,035 , terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS ditunjukan oleh nilai thitung 23,388 > ttabel 2,052 dengan nilai signifikansi 0,000 , terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara kebiasaan belajar dan minat membaca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS hal tersebut terbukti dari hasil uji F yaitu diperoleh nilai Fhitung 297,056 > Ftabel 3,11 dengan signifikansi 0,000 koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,871 hal tersebut menunjukan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS berhubungan dengan kebiasaan belajar dan minat membaca sebesar 87,1% sisanya 12,9% berhubungan dengan faktor lain diluar penelitian seperti motivasi dalam belajar, inteligensi, bakat, konsentrasi serta dari faktor keluarga, masyarakat maupun sekolah, dll.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 13 Apr 2017 02:59
Last Modified: 13 Apr 2017 02:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item