KORELASI KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MA MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON

IZZATY KHOIRINA, (2015) KORELASI KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MA MADINATUNNAJAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Other
IZZATY KHOIRINA (NIM 1410140054).PDF

Download (23MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

IZZATY KHOIRINA : Peserta didik merupakan salah satu komponen manusia yang menempati posisi sentral dalam proses pendidikan, peserta didik menjadi pokok persoalan dan tumpuan perhatian dalam semua proses pendidikan. Setiap siswa atau peserta didik itu berbeda dalam kecerdasan, bakat, minat, sikap, emosi, perasaan, motif, dan juga berbeda dalam kecakapan maupun keterampilan fisik dan sosial, dan segala yang ada pada setiap diri individu, termasuk gambaran tentang diri atau biasa yang disebut dengan konsep diri. Konsep diri penting sekali diperhatikan, sebab konsep diri merupakan penentu tingkah laku seseorang dan merupakan pandangan terhadap diri sendiri yang merupakan dasar bagi semua tingkah laku begitupun dalam hal belajar. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan konsep diri siswa, menggambarkan bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi dan mengukur seberapa besar hubungan antara konsep diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di MA Madinatunnajah Kota Cirebon. Berdasarkan hubungan konsep diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi, apabila siswa yang mempunyai prestasi belajar tinggi cenderung memiliki konsep diri yang berbeda dengan siswa yang mempunyai prestasi belajar rendah. Siswa yang mempunyai prestasi belajar rendah akan memandang diri mereka sebagai orang yang tidak mempunyai kemampuan dan kurang dapat melakukan penyesuaian diri yang kuat dengan siswa lain. Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konsep diri (X), dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa (Y). Populasi penelitian diambil dari kelas X yang berjumlah 35 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah non-random sampling, sampel diambil dari keseluruhan jumlah siswa dengan jumlah siswa 35 orang, karena jumlah populasi kurang dari 100. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Validitias, reliabilitas, dan korelasi diuji dengan menggunakan software SPSS 16 for windows. korelasi konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sosiologi memiliki hubungan yang lemah atau rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis korelasi variabel X (konsep diri) dengan variabel Y (prestasi belajar siswa) yaitu sebesar 0,381 terletak pada rentang 0,20- 0,399. Berarti variabel konsep diri (X) memberikan hubungan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi (Y) sebesar 14.5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dari hasil uji hipotesis dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel. Adapun hasil yang diperoleh yaitu thitung ≥ ttabel 2,314 ≥ 2,042. Maka Ha diterima, artinya koefisien regresi signifikan atau dengan kata lain konsep diri memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa. Kata kunci: Konsep Diri, Prestasi belajar, Sosiologi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:07
Last Modified: 13 Apr 2017 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2106

Actions (login required)

View Item View Item