ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN SKALA USAHA UMKM SEKTOR PERTANIAN DI KECAMATAN CIAWIGEBANG – KUNINGAN (Studi pada UMKM Sektor Pertanian Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kuningan)

Retnaning Setiana, (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN SKALA USAHA UMKM SEKTOR PERTANIAN DI KECAMATAN CIAWIGEBANG – KUNINGAN (Studi pada UMKM Sektor Pertanian Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Skripsi Retna Jilid (PDF) (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Retnaning Setiana, NIM 1410220132 ”ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN SKALA USAHA UMKM SEKTOR PERTANIAN DI KECAMATAN CIAWIGEBANG - KUNINGAN, Skripsi, 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor terhadap perkembangan skala usaha UMKM dan mengetahui faktor terbesar dari faktor-faktor tersebut yang mempengaruhi perkembangan skala usaha UMKM sektor pertanian di Ciawigebang - Kuningan. Dimana perkembangan skala usaha UMKM sektor pertanian di Ciawigebang - Kuningan dipengaruhi oleh Modal, Kalitas Sumber Daya Manusia, Manajemen Usaha, Tingkat Daya saing,dan Teknologi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui penyebaran angket dan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, analisis determinasi, uji f dan uji t yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik seperti uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji normalitas. Hasil analisis uji f menunjukan modal, kualitas sumber daya manusia, manajemen usaha, tingkat daya saing dan teknologi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan UMKM. Berdasarkan uji t, hanya faktor manajemen usaha (1,70113 < 2,762) yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM sedangkan modaltidak berpengaruh signifikan (1,70113 > 1,416) dan kualitas sumber daya manusia tidak berpengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM (1,70113 > 0,826), tingkat daya saing (1,70113 > -0,256) dan teknologi (1,70113 > 1,248) tidak berpengaruh terhadap perkembangan UMKM. Dan Koefisiensi determinasi (R2) 0,359 atau 35,9% perkembangan UMKM dipengaruhi faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini.Sedangkan sisanya 64,1% dipengaruhi oleh faktor diluar faktor-faktor yang digunakandalam penelitian ini. Kata kunci: Perkembangan UMKM, Modal, Kualitas Sumber Daya Manusia,Manajemen Usaha, Tingkat Daya Saing dan Teknologi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Jan 2017 06:58
Last Modified: 12 Jun 2017 04:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item