UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS SEJARAH MELALUI METODE FOXFIRE DI SMP NEGERI 1 KERTASEMAYA KABUPATEN INDRAMAYU

LAELI ISTIQOMAH, (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS SEJARAH MELALUI METODE FOXFIRE DI SMP NEGERI 1 KERTASEMAYA KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Other
LAELI ISTIQOMAH (1410140134) (wm blm).PDF

Download (7MB) | Preview

Abstract

LAELI ISTIQOMAH : Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil yang diperoleh siswa melalui tes. Hasil yang diperoleh dapat dipengaruhi dari penerapan metode yang tepat sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, menantang, kreatif dan menarik bagi siswa sehingga memungkinkan kelas menjadi dinamis dan penuh antusias. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan bagaimana penggunaan metode pembelajaran foxfire dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata sejarah. Untuk menemukan gambaran peningkatan keaktifan siswa dan untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah setelah menggunakan metode pembelajaran foxfire. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa penggunaan metode pembelajaran mempunyai peranan yang cukup besar dalam kegiatan belajarmengajar. Salah satunya metode pembelajaran foxfire, penggunaan metode pembelajaran di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dapat membantu guru dalam menyampaikan materi yang disampaikan oleh gurunya. Dengan demikian dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menyerap materi dan imbasnya akan meningkat pula hasil belajar siswa yang menjadi tujuan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research yang menggunakan metode foxfire untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Kertasemaya Kabupaten Indramayu dan penelitian ini dilakukan dengan melalui tiga siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan metode observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan angket sehingga data yang terkumpul secara terpadu dapat saling melengkapi. Adapun hasil penelitian dapat dilihat dari hasil tes siswa setiap siklusnya. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak III siklus. Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 77,27 dan pada siklus II sebesar 81,55 terjadi peningkatan 4,28. Pada siklus III nilai rata-rata yang diperoleh 83,5 mengalami peningkatan 1,95. Dari hasil angket siswa terlihat bahwa pada umumnya siswa sangat senang belajar sejarah dengan menggunakan metode pembelajaran foxfire karena dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 61,11%. Presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II sebesar 81,55%. Dan presentase pada siklus III meningkat yaitu sebesar 83,33%. Aktivitas siswa di kelas VII-B SMP Negeri 1 Kertasemaya dalam pembelajaran Sejarah dengan menggunakan metode foxfire, dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung yaitu pada siklus I sebesar 64%, pada siklus II sebesar 78% dan aktivitas siswa pada siklus III sebesar 86%. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Foxfire

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:22
Last Modified: 13 Apr 2017 03:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item