PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI DEMOKRASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 8 KOTA CIREBON

MUSLIKIN, (2015) PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI DEMOKRASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MUSLIKIN (14111420094) (WM BELUM).pdf

Download (902kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

MUSLIKIN : Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SMPN 8 Kota Cirebon, ditemukan bahwa guru memiliki peranan yang penting dan strategis terutama guru Mata Pelajaran IPS dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi. Namun dalam kenyataannya guru IPS masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Fenomena yang terjadi di lapangan tersebut membuat penulis terdorong untuk meneliti tentang profesionalisme guru mata pelajaran IPS dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi. Karena profesionalime yang dimiliki guru mata pelajaran IPS memiliki pengaruh besar dalam kesuksesan belajar siswa. Profesionalisme yang dimiliki guru mata pelajaran IPS muncul benar-benar berasal dari ketulusan hati dan wujud tanggung jawab sebagai tenaga pendidik di Negeri Indonesia ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data mengenai peranan dan langkah-langkah guru mata pelajaran IPS dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi terhadap siswa kemudian mendeskripsikanya, serta penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui implikasi mata pelajaran IPS terhadap kebutuhan dan minat siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research (penelitian/studi pustaka) dan field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif deskriptif serta menggunakan teknis analisis isi (content analisys) berupa empat langkah yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan conclusy data atau pengambilan kesimpulan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data teoritik dan data empirik. Sumber data teoritik diambil dari referensi buku-buku dan referensi lainya yang sesuai dengan kajian penelitian. Data empirik diambil dari hasil kegiatan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan beberapa responden. Objek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) pelaksanaan pendidikan berbasis demokrasi melalui mata pelajaran IPS dilakukan dengan berbagai strategi, metode, model dan pendekatan yang dilakukan secara terpadu. Penanaman nilai-nilai demokrasi juga dilakukan secara intensif baik dalam KBM maupun luar KBM seperti kegiatan pemberian keteladanan dan kegiatan ektrakurikuler yang terprogram. 2) terdapat sikap demokrasi pada siswa dalam pelaksanaan pendidikan demokrasi pada mata pelajaran IPS melalui pembiasaan diantaranya kegiatan pemilihan ketua kelas, pembelajaran IPS dengan metode diskusi dan kesadaran diri peserta didik akan kebersamaan pada saat belajar. 3) adanya fakta-fakta penanaman nilai demokrasi, misalnya pada saat pembelajaran adanya sikap menghargai pendapat orang lain, toleransi dan kebebasan yang bertanggung jawab. Kata Kunci: Guru, IPS dan Nilai Demokrasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 06:44
Last Modified: 25 Apr 2017 06:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2113

Actions (login required)

View Item View Item