PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW KOLABORASI DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs ISLAMIYAH YAMI WALED KABUPATEN CIREBON (Penelitian Tindakan Kelas)

MUTMAINNAH, (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW KOLABORASI DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs ISLAMIYAH YAMI WALED KABUPATEN CIREBON (Penelitian Tindakan Kelas). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MUTMAINNAH (1410140064) (WM BLM).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

MUTMAINNAH Penerapan model pembelajaran yang efektif dipandang penting karena dapat membantu dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan model pembelajaran yang dirancang semenarik mungkin dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan akhirnya hasil belajar pun dapat ditingkatkan. Model Pembelajaran Jigsaw kolaborasi dengan Model Teams Games Tournament (TGT) merupakan dua model pembelajaran yang dapat digunakan oleh seorang guru untuk menciptakan suatu pembelajaran yang baik dengan dirancang semenarik mungkin sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh data tentang penerapan model pembelajaran Jigsaw kolaborasi dengan model TGT pada bidang studi IPS di MTs Islamiyah Waled (2) memperoleh data tentang aktivitas belajar siswa dengan penerapan model Pembelajaran Jigsaw kolaborasi dengan model TGT di MTs Islamiyah Waled (3) memperoleh data tentang hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Jigsaw kolaborasi dengan model TGT di MTs Islamiyah Waled Kab. Cirebon. Penelitian ini dilandasi dengan pemikiran bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw kolaborasi dengan model TGT pada mata pelajaran IPS Ekonomi yang diolah dan dirancang semenarik mungkin dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi IPS sehingga kegiatan belajar mengajar bisa lebih aktif dan dengan begitu tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei tahun 2015. Sumber data berupa siswa kelas VIIID MTs Islamiyah Waled Kabupaten Cirebon, guru mata pelajaran Ekonomi, dan kepala sekolah MTs Islamiyah Waled. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik pengamatan dan tindakan langsung dilapangan, melaksanakan tes kepada seluruh responden yang dijadikan sampel dalam penelitian. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Jigsaw kolaborasi dengan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Islamiyah Waled yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan klasikal dan rata-rata hasil belajar siswa disetiap siklus. Yaitu ketuntasan klasikal siklus I sebesar 42,5%, siklus II 70%, dan siklus III 87,5%. Sedangkam rata-rata hasil belajar siswa siklus I yaitu sebesar 61, siklus II 70 dan siklus III 76,75. Kata kunci : Model pembelajaran Jigsaw kolaborasi dengan model TGT, hasil belajar siswa, PTK .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 06:48
Last Modified: 25 Apr 2017 06:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item