UPAYA KOMPETENSI GURU TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN

RIKY DWI SEPTIAN, (2015) UPAYA KOMPETENSI GURU TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIKY DWI.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

RIKY DWI SEPTIAN : Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SMA Negeri 1 Cilimus Kabupaten Kuningan, ditemukan bahwa kompetensi guru memiliki peranan yang penting dalam menjalankan tugas sebagai guru yang profesional dan baik. Terhadap peningkatan kretivitas belajar siswa dalam menjalankan tugasnya tersebut sebagai tenaga pengajar guru mata pelajaran sosiologi senantiasa memberikan yang terbaik, bahkan pada saat di luar jam pelajaran guru mata pelajaran sosiologi masih melayani para siswa-siswinya yang ingin berkonsultasi dan memberikan motivasi-motivasi. Fenomena yang terjadi di lapangan membuat penulis terdorong untuk meneliti kompetensi guru terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Karena seorang guru tidak hanya sebagai pengajar tetapi sebagai anggota masyarakat, guru sebagai pemimpin, guru sebagai administrator, guru sebagai teman, guru sebagai orangtua dan guru harus sebagai contoh yang baik bagi peserta didik maupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data mengenai peranan dan langkah-langkah guru mata pelajaran sosiologi dalam meningkatkannya kreativitas belajar siswa kemudian mendeskripsikanya, serta penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kreativitas belajar siswa dan upaya guru dalm meningkatkan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research (penelitian/studi pustaka) dan field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif deskriptif serta menggunakan teknis analisis isi (content analisys) berupa empat langkah yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data dan conclusy data atau pengambilan kesimpulan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data teoritik dan data empirik. Sumber data teoritik diambil dari referensi buku-buku dan referensi lainya yang sesuai dengan kajian penelitian. Data empirik diambil dari hasil kegiatan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan beberapa responden. Objek penelitian ini adalah guru mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). kompetensi guru itu harus dihayati, dikuasai dan diimplementasikan kedalam pendidikan dan pembelajaran khusunya mata pelajaran sosiologi, agar tujuan pendidikan dan pembelajaran bisa tercapai. 2).kompetensi guru berpengaruh dalam meningkatkan kreativitas belajar, dengan kompetensi guru hakekatnya akan mendapatkan guru yang baik dan profesionalyang memiliki kompetensi untuk melaksanakan fungsi dan tujuan sekolah. 3). guru meningkatkan kreativitas belajar untuk menumbuhkan rasa percaya diri, berani dan tanggung jawab akan tindakannya, sifat dan sikap ini berperan penting dalam menjalankan kehidupan disekolah maupun di masyarakat. Kata kunci: Kompetensi Guru, Kreativitas belajar dan Sosiologi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:10
Last Modified: 25 Apr 2017 07:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item