PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNISI SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SUMBERJAYA KABUPATEN MAJALENGKA

RODHIATUSYAMSI MUNAWAROH, (2015) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNISI SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SUMBERJAYA KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Other
RODHIATU SYAMSI MUNAWAROH (WM BLM).PDF

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

RODHIATUSYAMSI MUNAWAROH : Dalam proses pembelajaran aktif guru telah menggunakan srategi Guided Note Taking dengan cukup baik. Hal tersebut ditandai dengan adanya siswa memiliki kemauan tinggi untuk belajar, siswa lebih berkonsentrasi dalam belajar, siswa lebih fokus dalam belajar, siswa lebih mudah untuk berpikir, siswa mudah mengingat konsep-konsep materi pelajaran, dan siswa termotivasi dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Guided Note Taking terhadap kemampuan kognisi siswa pada mata pelajaran IPS, Model pembelajaran aktif melalui strategi Guided Note Taking adalah pembelajaran varian dari metode ceramah dengan menggunakan catatan terbimbing. Kemampuan kognisi atau kognitif ini ada beberapa bagian yang terpenting dalam menentukan hasil belajar siswa.Bagaian dari ranah kognisi ini yaitu, mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 sumberjaya Kabupaten Majalengka, populasi penelitian kelas VIII, sampel yang di gunakan sebanyak 30 responden.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif.Variabel X ( strategi Guided Note Taking) dengan variabel Y (kemampuan kognisi). Temuan yang di peroleh dalam penelitian ini berdasarkan hasil angket sebesar 56,46%. Hal ini termasuk kategori cukup. Hal demikian bahwa pembelajaran denan menggunakan strategi Guided Note Taking membuat siswa termotivasi dalam belajar, konsentari dalam belajar dan lebih mudah memahami materi pelajaran IPS. Kemampuan kognisi pada mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan memahami kegiatan perekonomian Indonesia dari 30 siswa di peroleh nilai prestesi dengan rata-rata 50 dengan jumlah 1500,diperoleh kemampuan kognisi siswa akhir (postes) nilai rata-rata 82,67 dengan jumlah 2480.Pengaruh strategi penerapan pembelajaran aktif Guided Note Taking terhadap kemampuan kognisi siswa pada mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan kegiatan perekonomian Indonesia berpengaruh 49,1% , sedangkan sisanya 50,9% dipengaruhi variabel lain seperti media pendukung,suasana kelas yang kondusif, dan emosional siswa yang terkontrol. Sehingga hipotesis yang diajukan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif Guided Note Taking yang signifikan terhadap kemampuan kognisi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 sumberjaya Kabupaten Majalengka. Kata kunci: StrategiGuided Note Taking dan Kemampuan Kognisi Siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:18
Last Modified: 25 Apr 2017 07:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2123

Actions (login required)

View Item View Item