PENGARUH PENGELOLAAN KELAS MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (EKONOMI) KELAS X DI MAN BABAKAN CIWARINGIN CIREBON

SAEFUDIN, (2015) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (EKONOMI) KELAS X DI MAN BABAKAN CIWARINGIN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SAEFUDIN (WM BELUM).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SAEFUDIN : Berdasarkan hasil pengamatan sementara selama observasi di MAN Babakan Ciwaringin Cirebon Penerapan model pembelajaran belum bervariasi di mana masih di jumpai guru yang mengajar dengan model pembelajaran yang monoton sehingga siswa merasa bosan dan jenuh dengan aktifitas pembelajaran. Adapun permasalahan lain yang ditemukan diantaranya adalah kurangya perhatian guru terhadap ketercapaian materi ajar, dimana guru hanya menyampaikan materi ajar tanpa memperhatikan ketercapaian materi oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Memperoleh data tentang pengelolaan kelas model Quantum Learning dalam pembelajaran IPS (Ekonomi) di Kelas X MAN Babakan Ciwaringin Cirebon, Memperoleh data tentang keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS (Ekonomi), dan mengukur besarnya pengaruh pengelolaan kelas model Quantum Learning dalam pelajaran IPS (Ekonomi) terhadap keaktifan siswa Kelas X di MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. Pengelolaan kelas itu berfungsi untuk mendayagunakan potensi kelas dengan cara melakukan seleksi terhadap penggunaan alat-alat atau metode yang tepat terhadap problem dan situasi yang dihadapi selama pembelajaran di kelas. Pengelolaan kelas sangat penting guna mewujudkan suasana kelas yang kondusif, menyenangkan dan aktif agar tujuan penyampaian materi ajar kepada peserta didik dapat tersampaikan secara maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Ex Post Facto. Data variabel X dan Y diperoleh dari angket yang disebarkan kepada responden yang berjumlah 44 siswa. Pemilihan sampel dari populasi dilakukan dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis untuk prasyarat menggunakan uji validitas da Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Korelasi, Uji Regresi, dan Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data, besarnya hubungan pengelolaan kelas model Quantum Learning pada proses pembelajaran IPS (Ekonomi) dengan keaktifan siswa dalam kelas X di MAN Babakan Ciwaringin yaitu 0,763. Hal ini menandakan bahwa terdapat hubungan yang kuat atau tinggi. Adapun kontribusi yang diperoleh dari pengelolaan kelas model Quantum Learning pada proses pembelajaran IPS (Ekonomi) dalam menjelaskan keragaman keaktifan siswa dalam kelas X yaitu sebesar 58,3% sedangkan sisanya sebesar 41,7 % dijelaskan oleh faktor lain. Pengaruh pengelolaan kelas Model Quantum Learning terhadap keaktifan siswa adalah nyata pada taraf signifikansi 95% (taraf kesalahan 5%). Kata kunci: Pengelolan kelas, keaktifan siswa dan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:30
Last Modified: 25 Apr 2017 07:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item View Item