KORELASI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DENGAN ASPEK AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTs NEGERI KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON

SAI’IN, (2015) KORELASI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DENGAN ASPEK AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTs NEGERI KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SAIIN IPS 2015(WM BLM).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

SAI’IN: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MTs Negeri Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, telah dilaksanakan oleh guru. Akan tetapi diketahui juga bahwa dalam proses pembelajaran masih banyak siswa yang tidak menerapkan aspek afektifnya, seperti saat belajar ngobrol, ngantuk, tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar, terlambat masuk kelas, tidak mencatat pelajaran, membawa buku pelajaran yang bukan jadwalnya atau tidak membawa alat tulis, mengerjakan tugas mata pelajaran lain, dan tidak berpakaian rapih. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui data implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MTs Negeri Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, mengetahui data aspek afektif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Negeri Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, dan mengetahui data seberapa besar korelasi implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan aspek afektif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Negeri Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dirancang untuk memberikan warna yang berbeda antara sekolah yang satu dengan yang lainnya, karena dalam pelaksanaan KTSP membebaskan setiap satuan pendidikan melalui kepala sekolah atau komite sekolah untuk mengembangkan potensi yang ada di daerahnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga setiap daerah bisa megembangkan budaya, bahasa, dan sebagainya untuk melestarikan hal tersebut melalui satuan pendidikan masing-masing. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian di MTsN Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon dapat disimpulkan bahwa implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu cukup baik dalam kategori 58,3%, demikian aspek afektif siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS yaitu cukup baik dalam kategori 61,2%. Sedangkan korelasi implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan aspek afektif mata pelajaran IPS adalah -0,319 berarti korelasi yang tergolong rendah Ho diterima Ha ditolak. Namun koefisien determinasi atau kontribusi korelasi implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan aspek afektif siswa pada mata pelajaran IPS sebesar 10,2% sisanya sebesar 89,8% disebabkan faktor lain. Kata kunci: Kurikulum, KTSP, Aspek Afektif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:35
Last Modified: 25 Apr 2017 07:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2128

Actions (login required)

View Item View Item