PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMP WAHIDIN KOTA CIREBON

SANI FAZAT MARITSA, (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMP WAHIDIN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Sani Fazat Maritsa.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SANI FAZAT MARITSA: Guru IPS di SMP Wahidin Kota Cirebon memang sudah menerapkan metode yang bervariasi, contohnya menggunakan metode hapalan, tetapi masih belum bisa menerapkan secara tepat kapan harus menggunakan model dan metode yang bervareasi tersebut, yang pada akhirnya guru tetap memilih menggunakan metode ceramah. Siswa cenderung merasa jenuh dengan pembelajaran guru yang hanya menggunakan metode ceramah saja, siswa cenderung tidak memperhatikan apa yang di jelaskan guru sehinga mereka tidak mengerti dan malas untuk bertanya, dan ketika guru bertanyapun mereka enggan untuk menjawabnya pertanyaan yang dibeerikan oleh guru dan penerapan metode pembelajaran yang diberikan oleh guru ternyata hanya membuat siswa sangat terbebani dengan materi dan tugas yang diberikan oleh guru dengan menggunakan metode konvensional tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan bagaimana penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Wahidin Kota Cirebon, dan untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII SMP Wahidin Kota Cirebon. Salah satu metode yang digunakan guru dalam pembelajaran IPS adalah metode berbasis masalah dengan cara menghadapkan siswa pada suatu masalah sebelum memulai proses pembelajaran, dan meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan menyelesaikan masalah, serta mendapatkan pengetahuan konsep-konsep penting dalam suasana belajar yang terbuka dan demokratis bersama temanteman. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ada empat tahap yang lazim dilalui yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, teknik wawancara, teknik observasi, teknik dokumentasi dan yang terakhir teknik tes. Hasil observasi kinerja guru adalah pada kelas VIII siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa dan nilai rata-rata pada siklus I adalah 68,46 sedangkan Prosentase Ketuntasannya yaitu 25,64%. Siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 22 siswa dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 75,64 sedangkan Prosentase Ketuntasannya yaitu 56,41%. Siklus III siswa yang mencapai KKM sebanyak 32 orang dan nilai rata-rata pada siklus III adalah 81,02 sedangkan Prosentase Ketuntasannya yaitu 82,05%. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:38
Last Modified: 25 Apr 2017 07:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item View Item