HUBUNGAN GAYA MENGAJAR KLASIK GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA CIREBON

SITI MUSTIKA, (2015) HUBUNGAN GAYA MENGAJAR KLASIK GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Other
SITI MUSTIKA (1410140114)(WM BLM).PDF

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SITI MUSTIKA: Fenomena gaya mengajar klasik guru sampai saat ini masih banyak digunakan dalam proses pembelajaran. Gaya mengajar guru juga merupakan salah satu faktor penting terhadap minat belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar yang sedang berlangsung peran siswa cenderung pasif, akan tetapi gaya mengajar guru seperti ini juga tidak disalahkan ketika kondisi kelas mayoritas siswanya pasif. Hal tersebut disebabkan para guru IPS SMP berasal dari satu disiplin ilmu sosial sehingga menyulitkan guru tersebut untuk dapat langsung menguasai materi ajar IPS yang notabene adalah IPS terpadu. Dengan demikian kita dapat melihat seberapa besar hubungan antara gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kota Cirebon. Dengan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa baik gaya mengajar klasik guru dan seberapa tinggi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dengan mengamati gaya mengajar klasik guru dan faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa diantaranya oleh gaya mengajar klasik guru, diharapkan dapat diketahui seberapa besar hubungan antara gaya mengajar guru dengan minat belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data utamanya yaitu angket , sedangkan observasi, wawacara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data penunjang. Teknis analisis yang digunakan yaitu rumus korelasi Spearmen Brown. Studi penelitian dilakukan pada siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kota Cirebon. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan gaya mengajar klasik guru dengan minat belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kota Cirebon. Hal tersebut terbukti dikatakan ada korelasi yang sedang sebesar 0,362 antara variabel X (hubungan gaya mengajar klasik) dengan variabel Y (minat belajar siswa). Kata Kunci : Gaya Mengajar Klasik Guru,Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:52
Last Modified: 25 Apr 2017 07:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item View Item