PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MININGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMP N 12 KOTA CIREBON

SITI NURHIDAYAH, (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MININGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMP N 12 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI NURHIDAYAH(WM BLM).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SITI NURHIDAYAH: Siswa tidak menjadi subjek utama dalam pembelajaran, pembelajaran masih berpusat pada guru. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih konvensional dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, biasanya guru memberikan penugasan kepada siswa untuk mengerjakan LKS. Dampaknya hasil belajar siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, ketuntasan yang ditetapkan 74 sementara hasil evaluasi ketuntasnnya hanya 16,12% dengan nilai rata-ratanya 5,3. Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah untuk mengetahu proses belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis proyek dengan Pendektan Saintifik, untuk mengetahui respon serta hasil belajar siswa seteleh menggunakan model pembelajaran berbasisi proyek dengan pendektan saintifik. Model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan saintifik merupakan salah satu model yang digunakan untuk bisa mewujudkan bakat dan minat peserta didik dan bisa mengatasi gaya belajar peserta didik, karna dalam model pembelajaran berbasis proyek peserta didik tidak hanya sebagai penerima informasi melainkan sebagai penggali informasi. Penelitian ini dilaksankan dengan menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswa kelas VIII-A yang berjumlah 31 Siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan menggunaan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan saintifik dapat diterapkan sangat baik di kelas VIII-A SMP Negeri 12 Kota Cirebon. Terlihat dari hasil observasi kinerja guru pada siklus I sebesar 92%, siklus II sebesar 94%, Siklus III sebesar 96%. Respon siswa menujukan respon yang positif terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 90% siklus II sebesar 92% dan siklus III sebesar 96%, hasil angket juga menujukan respon yang baik 509,59% siswa menyatakan sangat setuju, 6511,93 siswa menyatakan sangat setuju, Artinya respon siswa termasuk dalam katagori sangat baik. Hasil belajar siswa nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68,789, siklus II sebesar 86,129% dan siklus III sebesar 84,194%. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa pad siklus III meningkat menjadi 90,32%. Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:55
Last Modified: 25 Apr 2017 07:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2135

Actions (login required)

View Item View Item