PENERAPAN METODE BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI MTsN 2 KOTA CIREBON

SOLIKUN, (2015) PENERAPAN METODE BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI MTsN 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Other
SOLIKUN (WM BLM).PDF

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SOLIKUN: Keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar adalah sangat ditentukan oleh ketepatan seorang pengajar dalam menerapkan metode mengajar. Oleh karena itu seorang pengajar selain betul-betul hapal dan paham macam-macam metode pengajaran juga dituntut untuk selalu memperhatikan kebaikan dan kelemahan dari setiap metode pengajar. Di dalam kegiatan pembelajaran IPS Terpadu guru kebanyakan menggunakan metode ceramah dan memberi catatan dalam menyampaikan materi pelajaran. Hal ini menyebabkan siswa menjadi cepat jenuh dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam menerapkan metode bervariasi, untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bervariasi terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran IPS di MTsN 2 Kota Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Cirebon yang berjumlah 138 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 30 siswa. Penentuan siswa ditentukan dengan cara random sampling sedangkan jumlahnya ditentukan dengan cara 24% dari populasinya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Teknik analisisnya menggunakan uji korelasi dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini didapat nilai rhit = 0.574 dan rtabel = 0.049, karena rhit> rtable maka H0 ditolak sehingga penerapan metode bervariasi guru IPS berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Negeri 2 Kota Cirebon. Kata Kunci: Metode Bervariasi, Motivasi, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 08:03
Last Modified: 25 Apr 2017 08:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2138

Actions (login required)

View Item View Item