PENERAPAN METODE KOOPERATIF RALLY ROBIN (ROUND ROBIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTs KARANGMANGU KECAMATAN KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU

SUSILAWATI, (2015) PENERAPAN METODE KOOPERATIF RALLY ROBIN (ROUND ROBIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTs KARANGMANGU KECAMATAN KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SUSILAWATI IPS 2015 (WM BELUM).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

SUSILAWATI: Berdasarkan studi pendahuluan di MTs Karangmangu Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu, ditemukan bahwa selama dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS siswa menganggap bahwa pelajaran IPS itu monoton, menjenuhkan dan membosankan dan juga hasil belajar siswanya kurang memuaskan, Hal ini dilihat dari hasil ulangan harian IPS Terpadu hanya mencapai rata-rata 54,8 dan hanya 48% siswa mencapai nilai 70, Padahal idealnya minimal harus mencapai 100% siswa mendapatkan 70. Penyebab dari masalah ini diantaranya ketidaktepatan strategi pembelajaran baik itu dari metode, pendekatan, media dan lain sebagainya sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kurang baik. Atas dasar inilah penulis terdorong untuk melakukan penelitian tentang Penerapan Metode Kooperatif Rally Robin (Round Robin) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTs Karangmangu Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penerapan metode Kooperatif Rally Robin (Round Robin), upaya guru dalam menerapkan metode Kooperatif Rally Robin (Round Robin) pada pelaksanaan pembelajaran dikelas, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam memahami mata pelajaran IPS setelah menggunakan metode Kooperatif Rally Robin (Round Robin) pada proses pembelajaran. Berdasarkan pada kerangka pemikiran bahwa metode Kooperatif Rally Robin (Round Robin) merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami mata pelajaran IPS. Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pada setiap satu siklusnya terdiri atas empat langkah yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Karangmangu Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu yang berjumlah 39 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil aktifitas siswa, kinerja guru, dan hasil belajar siswa dalam memahami mata pelajaran IPS meningkat dari setiap siklusnya. Data prosentase observasi aktivitas pada siklus I 53,3%, siklus II 78,5%, Siklus III 92,8% dan data persentase kinerja guru siklus I 60%, siklus II 72%, siklus III 85,3%. Adapun hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,25%. Siswa yang tuntas 11 siswa dari 39 dengan nilai ketuntasan belajar 28,20%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,41%. Siswa yang tuntas 24 siswa dari 39 dengan nilai ketuntasan belajar 61,53%. Hal ini berarti meningkat dari hasil yang diperoleh siklus I. Sedangkan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata sebesar 88,25%. Siswa yang tuntas 37 siswa dari 39 dengan nilai ketuntasan belajar 94,87%. Hal ini berarti mengalami kenaikan pada siklus III dari hasil yang diperoleh pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Kooperatif Rally Robin (Round Robin) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami mata pelajaran IPS.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2017 08:05
Last Modified: 25 Apr 2017 08:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2139

Actions (login required)

View Item View Item