UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN BLOGSPOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII B DI MTs. DARU’L HIKAM CIREBON

YUNITA, (2015) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN BLOGSPOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII B DI MTs. DARU’L HIKAM CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YUNITA 2015 (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

YUNITA : Berdasarkan Observasi awal di kelas VII B MTs Daru’l Hikam Kota Cirebon terlihat proses pembelajaran IPS terpadu hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan menggunakan media spidol dan papan tulis. Sehingga banyak siswa yang kurang memperhatikan guru pada saat proses pembelajaran. Hal ini berakibat pada kejenuhan dan kebosanan yang berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang dari KKM yang diterapkan di MTs Daru’l Hikam Kota Cirebon yakni 70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) penerapan pembelajaran dengan menggunakan media blogspot pada mata pelajaran IPS terpadu, 2) besar tigkat aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran dengan menggunakan media blogspot, 3) hasil belajar siswa dengan menggunakan media blogspot pada mata pelajaran IPS terpadu di MTs Daru’l Hikam Kota Cirebon. Pembelajaran dengan menggunakan media blogspot menekankan siswa untuk berpikir kritis. Hal ini memudahkan siswa untuk mengakses materi IPS terpadu yang banyak dimanapun, serta mempermudah daya ingat siswa tentang apa yang telah didapatkan selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga siklus. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Daru’l Hikam Kota Cirebon sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Besar tingkat aktivitas beljar siswa dan kinerja guru pada siklus I memperoleh nilai 48% dan kinerja guru 48%, dengan kategori kurang. Siklus II nilai aktivitas siswa naik menjadi 68 % dan kinerja guru 80% dengan kategori cukup , dan pada siklus III aktivitas siswa mengalami kenaikan menjadi 84 % dan kinerja guru menjaadi 88% dengan kategori sangat baik. Sedangkan besar peningkatan hasil belajar siswa pra tindakan (pretes) diperoleh nilai sebesar 58,85 dan ketuntasan belajar 19,23 %, siklus I nilai rata-rata sebesar 60,77 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 46,15% siklus II nilai rata-rata siswa 67,5 dan nilai ketuntasan belajar sebesar 57,69% siklus III dengan nilai rata-rata 77,69 dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan yaitu 96,15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media blogspot merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Daru’l Hikam Kota Cirebon. Kata Kunci : Blogspot, hasil belajar, PTK.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 26 Apr 2017 02:35
Last Modified: 26 Apr 2017 02:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item View Item