PENGARUH BIMBINGAN GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH (MA) MIFTAHUTTHOLIBIN CIGANDAMEKAR KABUPATEN KUNINGAN

ZAENAL MUSTOPA, (2015) PENGARUH BIMBINGAN GURU BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH (MA) MIFTAHUTTHOLIBIN CIGANDAMEKAR KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Other
ZAENAL MUSTOPA (WM BLM).PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

ZAENAL MUSTOPA : Tuntutan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik merupakan kebutuhan masyarakat. Kemampuan bertanggung jawab, mengahargai dan menilai diri, menggali informasi dan mengolah informasi, mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Latar belakang sosial keluarga untuk menetukan perilaku sosial siswa, karena lingkungan memiliki pengaruh besar terhadap proses perkembangan dan masa depan siswa. Dengan adanya bimbingan guru secara langsung ataupun secara tidak langsung yang berkesinambungan siswa dapat menyesuaikan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bimbingan guru BK di MA Miftahuttholibin Cigandamekar Kabupaten Kuningan, dan untuk mengetahui bagaimana Perilaku sosial siswa, serta untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Guru Terhadap Pembinaan perilaku sosial Siswa kelas X di Madrasah Aliyah Miftahuttholibin Cigandamekar Kabupaten Kuningan. Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia. Sebagai bukti bahwa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif deskriptif, dan penulis menggunakan beberapa pendekatan teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Dokumentasi, Angket. Penyebaran angket disebarkan kepada responden yang berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian, Hal ini dapat dilihat dari thitung sebesar 6,982 > t tabel 2,048 dengan N = 30 pada taraf signifikansi 95 % pada taraf nyata dan pada taraf kesalahan 5 %, hal ini juga ditunjukan dari pengaruh sebesar 0,79. Hal ini dapat diartikan bahwa pengaruh bimbingan guru terhadap pembentukan kepribadian siswa di MA Miftahuttholibin Cigandamekar Kabupaten Kuningan dinilai tinggi , Karena berada pada interval angka 0,60-0,799.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 26 Apr 2017 02:39
Last Modified: 26 Apr 2017 02:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item View Item