PENGARUH PENGUASAAN MATERI BIDANG DATAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGSEMBUNG

SITI SARICAH, (2015) PENGARUH PENGUASAAN MATERI BIDANG DATAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGSEMBUNG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FINAL SKRIPSI SITI SARICAH (WM BLM).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SITI SARICAH : “Pengaruh Penguasaan Materi Bidang Datar terhadap Kemampuan Siswa pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangsembung” Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang perlu di pelajari oleh siswa, karena matematika dapat digunakan dalam segala segi kehidupan, dan dapat digunakan sebagai sarana memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam matematika antara konsep yang satu dengan yang lainnya saling memiliki keterkaitan, baik dari segi isi maupun rumusnya. Bangun ruang adalah bangun tiga dimensi yang dibentuk oleh beberapa bidang datar. Hal ini menunjukkan bahwa antara bidang datar dan bangun ruang memiliki keterkaitan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penguasaan materi bidang datar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Karangsembung Tahun Ajaran 2014/2015, 2) Untuk mengetahui kemampuan siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP Negeri 1 Karangsembung Tahun Ajaran 2014/2015, dan 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penguasaan materi bidang datar terhadap kemampuan siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP Negeri 1 Karangsembung Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangsembung. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII C sebagai sampel dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan materi bidang datar dan tes kemampuan siswa pada materi bangun ruang yang berbentuk esai. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa nilai rata-rata penguasaan materi bidang datar adalah 71,52 dan nilai rata-rata kemampuan siswa pada materi bangun ruang adalah 57,75. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh penguasaan materi bidang datar terhadap kemampuan siswa pada materi bangun ruang sebesar 36,8 % dan sisanya yaitu sebesar 63,2 % dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti. Kata kunci: Matematika, bidang datar, bangun ruang, kemampuan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Jan 2017 02:48
Last Modified: 12 Jun 2017 05:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item