STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU SUMBER CIREBON

DEWI AYU SRI WAHYUNI, (2016) STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PEMBANTU SUMBER CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DEWI AYU SRI WAHYUNI-min.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

DEWI AYU SRI WAHYUNI: Dalam dunia bisnis tentu banyak sekali persaingan, terutama dalam dunia perbankan. Produk pembiayaan, di perbankan syariah sangatlah sulit dibandingkan dengan perbankan konvensional. Di Kabupaten Cirebon, tepatnya di Sumber, banyak sekali lembaga keuangan yang memberikan layanan pembiayaan. Namun, pembiayaan yang diberikan Bank Muamalat tidak semudah pembiayaan di bank konvensional, Bank Muamalat dalam memberikan pembiayaan sangatlah hati-hati untuk menghindari terjadinya risiko pembiayaan macet. Setiaplembaga keuangan pasti mempunyai strategi pemasaran masing-masing untuk menarik nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami strategi pemasaran Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Sumber Cirebon dalam meningkatkan pembiayaan pada usaha kecil dan menengah, serta memahami perkembangan pembiayaan mikro syariah yang dilakukan Bank Muamalat KantorCabang Pembantu Sumber Cirebon pada Usaha Kecil dan Menengah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam hal ini peneliti mendeskripsikan strategi pemasaran dalam meningkatkan dan mengembangkan pembiayaan usaha kecil menengah pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Sumber Cirebon. Oleh karena itu peneliti melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Dari hasil analisis tersebut diperoleh gambaran bahwa Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Sumber Cirebon, sejak diluncurkan pada bulan Januari 2014 sampai dengan bulan Maret 2016 pencapaian target produk pembiayaan UMKM mengalami naik turun yang tidak beraturan sehingga PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Sumber Cirebon menetapkan strategi-strategi pemasaran yang tepat agar dapat diterima oleh masyarakat luas dan dapat bersaing dengan bank lain yang memiliki produk sejenis. Kata Kunci:Strategi Pemasaran, Pembiayaan, UMKM, Bank Muamalat, RisikoPembiayaan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Apr 2017 07:52
Last Modified: 27 Apr 2017 07:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2276

Actions (login required)

View Item View Item