ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERSONAL SELLING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN POLIS PT. ASURANSI TAKAFUL UMUM CABANG CIREBON

ABDUL FURQON, (2017) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERSONAL SELLING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN POLIS PT. ASURANSI TAKAFUL UMUM CABANG CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ABDUL FURQON-min.pdf

Download (679kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

ABDUL FURQON, 14122211073, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERSONAL SELLING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN POLIS PT. ASURANSI TAKAFUL UMUM CABANG CIREBON”. PT. Asuransi Takaful Umum merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa asuransi yang berbasis syariah. Pada umumnya, perusahaanperusahaan asuransi yang sukses memiliki strategi pemasaran personal selling yang baik karena personal selling merupakan aset yang paling penting bagi perusahaan asuransi syariah. Dalam hal ini personal selling bertindak sebagai ujung tombak perusahaan asuransi syariah dalam memasarkan produknya. Salah satu produk dari asuransi sayriah yakni polis asuransi. Banyak hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan asuransi syariah untuk meningkatkan penjualan polis asuransi syariahnya. Salah satunya melalui strategi pemasaran personal selling. Sebagai pelopor perusahaan asuransi syariah di wilayah III Cirebon, PT. Asuransi Takaful Umum cabang Cirebon seharusnya dapat lebih unggul dari perusahaan-perusahaan asuransi syariah yang lain dalam memasarkan produknya. Atas dasar asumsi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi personal selling di PT. Asuransi Takaful Umum cabang Cirebon, mendeskripsikan tingkat penjualan polis di PT. Asuransi Takaful Umum cabang Cirebon dan untuk mendeskripsikan tingkat efektifitas strategi personal selling di PT. Asuransi Takaful Umum cabang Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan data yang dinyatakan dalam bentuk uraian. Sumber data yang diperlukan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari wawancara sedangkan data sekunder didapatkan dari buku, jurnal serta website PT. Asuransi Takaful Umum cabang Cirebon maupun dokumentasi . Takaful Umum cabang Cirebon. Metode pengumpulan data yang diperlukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) strategi personal selling di PT. Asuransi Takaful Umum cabang Cirebon berperan untuk memperluas pasar, terutama untuk masyarakat yang belum mengetahui ataupun menggunakan jasa asuransi syariah melalui sosialisasi langsung maupun tidak langsung sehingga personal selling di PT. Asuransi Takaful Umum cabang Cirebon dapat meningkatkan penjualan polis asuransi, baik melalui pasar baru atau pasar yang sudah ada. (2) Tingkat penjualan polis PT. Asuransi Takaful Umum cabang Cirebon ditahun 2016, bersifat fluktuatif yaitu pertumbuhan premi asuransi yang berbeda, mengalami penurunan dan peningkatan tiap bulannya. Hasil analisis pertumbuhan premi asuransi PT. Asuransi Takaful Umum cabang Cirebon dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember 2016 adalah dengan hasil rata-rata mengalami kenaikan 3,07% .Dan (3) tingkat ekfektifitas strategi pemasaran personal selling PT. Asuransi Takaful Umum cabang Cirebon dapat ditinjau dari pencapaian profit, tingkat penjualan polis, kinerja personal selling dan pencapaian target perusahaan. Kata kunci: personal selling, penjualan polis, Efektifitas

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 May 2017 01:59
Last Modified: 02 May 2017 01:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2365

Actions (login required)

View Item View Item