STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK UMKM BANANA KERATON DALAM MENGHADAPI MEA

GUS NURROHMAN SIDDIK., (2017) STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK UMKM BANANA KERATON DALAM MENGHADAPI MEA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AGUS NURROHMAN SIDDIK-min.pdf

Download (605kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

GUS NURROHMAN SIDDIK. 14112210011. “STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK UMKM BANANA KERATON DALAM MENGHADAPI MEA”. SKRIPSI. 2017. Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), banyak faktor yang akan menjadi penghambat bagi UMKM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sumber daya manusia pada UMKM yang kurang kompetitif untuk menghadapiMasyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan kurangnya penggunaan teknologi dalam hal pemasaran dan inovasi produk. Imbas dari di berlakukannya MEA akan sangat berdampak bagi perkembangan UMKM di Indonesia, karena dengan diberlakukannya MEA, UMKM di Indonesia harus memiliki kreativitas dan inovasi pada usahanya, untuk dapat bersaing dengan para pengusaha dari negara-negara ASEAN ataupun bersaing dengan UMKM yang ada di Indonesia. Jika UMKM tidak dapat bersaing dengan produk asing yang masuk ke dalam pasar di Indonesia maupun pasar ASEAN, maka akan menyebabkan UMKM tersebut mengalami gulung tikar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hal ini dikarenakan penelitian ini memberikan gambaran atau penjelasan yang tepat secara objektif terkait keadaan yang sebenarnya dari obyek yang diteliti. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi pada lokasi penelitian, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif, yang bertujuan untuk memaparkan informasi-informasi secara langsung yang berhubungan dengan permasalahanpermasalahan yang ada pada objek penelitian dan mengoptimalkan permasalahan tersebut dengan berbagai teori yang berkaitan dengan permasalah tersebut. Hasil penelitian ini adalah bahwa UMKM Banana Keraton sudah menggunakan strategi pemasaran dan inovasi produk yang efektiv. Dengan menggunakan strategi pemasaran pengenalan produk ke kantor-kantor, pemasaran interaksi, pemasaran event bazar, pemasaran penjualan langsung, pemasaran konsinyasi, pemasaran publik relationship, dan pemasaran melalui digital marketing , serta inovasi produk yang sudah di terapkan dengan menginovasi kemasan, inovasi desain produk dan inovasi modulasi. Olehkarena itu UMKM Banana Keraton sudah tepat dalam menggunakan strategi pemasaran dan inovasi produk untuk menghadapi era MEA sekarang ini. Kata Kunci : UMKM, MEA, Strategi Pemasaran, Inovasi Produk.Kreativitas

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 May 2017 02:04
Last Modified: 02 May 2017 02:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2367

Actions (login required)

View Item View Item