PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PROFITABILITAS PENJUALAN (STUDI KASUS PT SAHABAT JAYA UTAMA)

JAMALUDIN NUGRAHA, (2017) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PROFITABILITAS PENJUALAN (STUDI KASUS PT SAHABAT JAYA UTAMA). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
JAMALUDIN NUGRAHA-min.pdf

Download (440kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

JAMALUDIN NUGRAHA : NIM. (14112210066) Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Profitabilitas Penjualan (Studi Kasus PT Sahabat Jaya Utama). Di dalam perusahaan, strategi pemasaran merupakan proses yang memegang peranan penting terhadap perusahaan yang memasarkan barang dan jasa kepada konsumen, karena setiap perusahaan mempunyai peluang yang sama dalam memproduksi barang atau jasa. Untuk mengukur keberhasilan perusahaan yang efektif dan efisien dalam menghasilkan laba tidak hanya dilihat dari besar kecilnya jumlah laba yang diperoleh tetapi dapat dilihat dari profitabilitasnya. Tujuan utama yang diharapkan oleh suatu perusahaan dalam kegiatan usahanya adalah mencapai laba atau nilai yang optimal dengan menggunakan sumberdaya secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi pemasaran dan profitabilitas penjualan yang terdapat di PT. Sahabat Jaya Utama serta mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap profitabilitas penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan jenis penelitian korelasi assosiatif, teknik pengumpulan datanya melalui penyebaran angket yang ditujukan pada karyawan PT. Sahabat Jaya Utama, dan melakukan studi dokumentasi. Sampel dari karyawan PT. Sahabat Jaya Utama sebanyak 15 responden, dikarenakan sampel kurang dari 100 responden maka dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi. Berdasarkan uji signifikansi terdapat pengaruh positif antara strategi pemasaran terhadap profitabilitas penjualan. Hal ini dilihat berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis dengan thitung > ttabel (3,230 > 1,771), sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, dengan demikian berarti bahwa strategi pemasaran mempunyai pengaruh signifikan terhadap profitabilitas penjualan. Berdasarkan nilai dari koefesien determinasi (penentu) 44,5% dapat diketahui bahwa pengaruh strategi pemasaran memberikan kontribusi sebesar 44,5% terhadap profitabilitas penjualan dan sisanya 55,5% yang penjelasannya di luar dari faktor pemasaran. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Profitabilitas Penjualan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 May 2017 02:47
Last Modified: 02 May 2017 02:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item View Item