ANALISIS SOP (STANDARD OPERATING PROCEDURE) MARKETING PLAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA PERUSAHAAN MULTI LEVEL MARKETING SYARIAH DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DISTRIBUTOR TIENS KOTA CIERBON)

TOMMY ADHAM, (2017) ANALISIS SOP (STANDARD OPERATING PROCEDURE) MARKETING PLAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA PERUSAHAAN MULTI LEVEL MARKETING SYARIAH DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DISTRIBUTOR TIENS KOTA CIERBON). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
TOMMY ADHAM-min.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

TOMMY ADHAM. 14122211058. ANALISIS SOP (STANDARD OPERATING PROCEDURE) MARKETING PLAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA PERUSAHAAN MULTI LEVEL MARKETING SYARIAH PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DISTRIBUTOR TIENS KOTA CIREBON). SKRIPSI. 2017. Saat ini perkembangan Unit Usaha Syariah di Indonesia sedang mengalami kemajuan, hal ini dibuktikan dengan banyaknya institusi yang bergerak dalam sektor keuangan seperti Bank Syariah, Koperasi Syariah ataupun yang bergerak di bidang lain seperti MLM Syariah. Setiap institusi memiliki Standard Operating Procedure Marketing Plan yang berbeda, termasuk di perusahaan MLM Tiens. Karena standar operasional prosedur merupakan panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar. Penggunaan standar operasional prosedur dalam organisasi juga bertujuan untuk memastikan organisasi beroperasi secara konsisten, efektif, efisien, sistematis, dan terkelola dengan baik, untuk menghasilkan produk yang memiliki mutu konsisten sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui SOP Marketing Plan dari perusahaan MLM Syariah Tiens perspektif hukum ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hal ini dimaksudkan agar penelitian ini memberikan gambaran atau penjelasan yang tepat dan objektif. Pengumpulan informasi data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi pada lokasi penelitian, kemudian dianalisis menggunakan teknik triangulasi yaitu mereduksi data, mendisplay data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah prinsip ekonomi syariah di dalam Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah berlandaskan pada Alqur‟an, Hadits, dan kaidah Fiqh serta ijtihad Majelis Ulama Indonesia. Marketing plan yang dilakukan distributor Tiens Kota Cirebon sudah sesuai dengan standar operasional prosedur perusahaan. Implementasi dari standar operasional prosedur distributor Tiens Kota Cirebon belum sepenuhnya memenuhi Fatwa Dewan Syariah Nasional di dalam Pedoman Penjualan Langsung berjenjang Syariah karena acara seremonial yang diadakan Tiens dalam merayakan hari jadi perusahaan terdapat sesuatu yang dilarang seperti khamr, anggur, dan alkohol. Kata Kunci: Multi Level Marketing Syariah, Standar Operasional Prosedur, Pedoman Penjualan Langsung Berjenjang Syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 May 2017 03:34
Last Modified: 02 May 2017 03:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item