Model Pembelajaran Menulis Ilmiah berbasis PARMI (Produksi, Atensi, Retensi, Motivasi, dan Inovasi)& Penerapannya

Mulyaningsih, Indrya and Suwandi, Sarwiji and Setiawan, Budhi and Rohmadi, Muhammad (2016) Model Pembelajaran Menulis Ilmiah berbasis PARMI (Produksi, Atensi, Retensi, Motivasi, dan Inovasi)& Penerapannya. In: Model Pembelajaran Menulis Ilmiah berbasis PARMI (Produksi, Atensi, Retensi, Motivasi, dan Inovasi)& Penerapannya. CV. Confident, pp. 1-70. ISBN 978-602-0834-32-0

[img]
Preview
Text
PARMI2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pencapalan target pembelajaran dapat dilakukan dengan pemilihan model yang sesuai kondisi peserta didik. Model pembelajaran PARMI sebagai pengembangan dan Social Learning Bandura merupakan salah satu yang dapat dipilih. PARMI terbukti dapat meningkatkan: 1) kemampuan berpikir kritis, 2) berpikir kreatif. dan 3) kemampuan menulis ilmiah. Hal ini karena PARMI dapat menjadikan pembelajar merasa nyaman dan inovatif. PARMI menumbuhkan kepedulian pembelajar pada lingkungan dan sesama. Pembelajar tidak hanya melihat persoalan pada dlrl sendirl, tetapi juga pada orang lain atau hal lain yang berada dl IIngkungannya. Pembelajar tidak memandang dlri secara semplt, tetapi berpiklr secara luas. Selama Ini, pengajar dianggap berkedudukan lebih tinggi karena memlliki kekuasaan mullak terhadap hasil belajar pembelajar. PARMI mengubah pola pembelajaran tersebut. Pembelajar bukanlah orang yang tidak tahu sama sekali. Pun pengajar bukanlah orang yang tahu segalanya. Pengajar dan pembelajar bekerJa secara bersama-sama. Pengajar sebagai mitra belajar hendaknya juga dapat menjadi rujukan dalam menyelesaikan permasalahan menulis ilmiah. Pengajar bukan lagi seseorang yang kata-katanya tidak boleh disanggah. Pengajar juga bukan lagi seseorang yang menakutkan. Pengajar merupakan mitra belajar bagi pembelajar.

Item Type: Book Section
Subjects: Pendidikan > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Tadris Bahasa Indonesia
Date Deposited: 03 May 2017 06:21
Last Modified: 03 May 2017 06:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2451

Actions (login required)

View Item View Item