EFEKTIVITAS KOLABORASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHO DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU AGAMA SISWA DI SMP NEGERI 1 ANJATAN KABUPATEN INDRAMAYU

APIP MUBAROK, (2011) EFEKTIVITAS KOLABORASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHO DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU AGAMA SISWA DI SMP NEGERI 1 ANJATAN KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MPI-116010002 - Abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

APIP MUBAROK : Efektivitas Kolaborasi Manajemen Pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho dan Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Perilaku Agama Siswa di SMP Negeri 1 Anjatan Kabupaten Indramayu Pengertian dan tujuan pendidikan nasional menurut UU Sisdiknas 2003 mengisyaratkan tentang potensi diri yang lebih dulu harus dikembangkan oleh siswa dalam pembelajaran, yakni perilaku agama berupa kekuatan spiritual keagamaan agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sementara itu, selama hampir tiga tahun ke belakang di SMP Negeri 1 Anjatan Kabupaten Indramayu, penulis menjumpai rendahnya perilaku agama di kalangan para siswa. Padahal SMP Negeri 1 Anjatan Kabupaten Indramayu didukung oleh pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho dan di sekolah, yang idealnya secara sinergi dapat membentuk perilaku agama siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang sejauhmana kolaborasi manajemen pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho dan pendidikan agama Islam dapat membentuk perilaku agama siswa di SMP Negeri 1 Anjatan Kabupaten Indramayu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan keberhasilan kolaborasi manajemen pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho dan pendidikan agama Islam dalam membentuk perilaku agama siswa di SMP Negeri 1 Anjatan Kabupaten Indramayu. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pendidikan agama dirasakan sangat perlu sebagai bekal penuntun siswa. Namun pada sekolah umum, muatan mata pelajaran dan jam pelajaran untuk pendidikan agama sangat terbatas. Melalui manajemen pembelajaran terpadu Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho dan pendidikan agama Islam, targetnya dapat meningkatkan perilaku agama siswa dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan harapan untuk membentengi diri siswa dari berbagai pengaruh negatif dalam kehidupannya. Metode penelitian yang digunakan untuk memastikan ketercapaian tujuan penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian kasus atau penelitian lapangan. Dari metode penelitian tersebut diharapkan agar dapat mempelajari secara intensif, kemudian mendeskripsikannya dalam bentuk katakata dan bahasa pada konteks alamiah tentang latar belakang keadaan dan fenomena yang terjadi secara keseluruhan. Hasil dari penelitian, terbukti bahwa manajemen pembelajaran terpadu Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho dan pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Anjatan Kabupaten Indramayu secara umum sudah cukup berhasil dalam membentuk perilaku agama siswa, ditandai efektivitas yang cukup memuaskan dengan persentase sebesar 68% dari 50 siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 May 2017 08:22
Last Modified: 02 May 2017 08:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2473

Actions (login required)

View Item View Item