MANAJEMEN KELAS DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) HUBUNGANNYA DENGAN PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 18 KOTA CIREBON

Deddy Hendriady., (2011) MANAJEMEN KELAS DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) HUBUNGANNYA DENGAN PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 18 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MPI-116010009 - Abstraksi.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Deddy Hendriady. Manajemen Kelas dan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 18 Kota Cirebon. Tesis. Cirebon : Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati. 2011. Manajemen kelas yang diterapkan bertujuan untuk mengelola kelas agar kegiatan belajar mengajar berjalan efektif. Untuk mencapai pembelajaran efektif dengan menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) sebagai pedoman pembelajaran. Meskipun manajemen kelas sudah berjalan dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) sudah berjalan, namun prestasi belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, apakah rendahnya prestasi belajar siswa ada hubungannya dengan manajemen kelas dan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan hubungan manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 18 Kota Cirebon; 2) Mendeskripsikan hubungan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 18 Kota Cirebon; 3) Mendeskripsikan hubungan manajemen kelas dan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 18 Kota Cirebon. Kerangka pemikiran penelitian adalah bahwa manajemen kelas mempunyai peranan dalam kegiatan belajar mengajar. Kelas yang dikelola dengan manajamen kelas profesional dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif. Selanjutnya ktsp merupakan kurikulum yang digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Berdasarkan ktsp, guru menyusun perangkat pembelajaran yang berfungsi sebagai alat atau pedoman pengajaran. Sedangkan implementasi ktsp, ditujukan kepada siswa yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey deskriptif (descriptive survey). Metode survey deskriptif (descriptive survey) menjelaskan tentang hubungan atau korelasi antar variabel yaitu variabel independen (X1, X2) terhadap variabel dependen (Y), berikutnya melakukan pengujian hipotesis dan tingkat signifikansi. Sedangkan untuk pengumpulan data, dilakukan melalui observasi, penyebaran kuesioner dan studi pustaka. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat hubungan kuat dan signifikan antara manajemen kelas dengan prestasi belajar sebesar 0,738 dengan kontribusi sebesar 54,5%. (2) Terdapat hubungan kuat dan signifikan antara kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp) dengan prestasi belajar sebesar 0,781 dengan kontribusi sebesar 61%. (3) Terdapat hubungan kuat dan signifikan antara manajemen kelas dan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp) secara simultan (bersama-sama) dengan prestasi belajar sebesar 0,775 dengan kontribusi sebesar 65,4%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 May 2017 01:24
Last Modified: 03 May 2017 01:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2479

Actions (login required)

View Item View Item