PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 15 KOTA CIREBON

TIKAH ATIKAH, (2011) PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 15 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MPI-116010021 - Abstraksi.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

TIKAH ATIKAH, NIM 505910039, Pengaruh Manajemen Pembelajaran PAI dan Variasi Mengajar terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMP Negeri 15 Kota Cirebon. Disiplin belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Di antara faktor internal dan eksternal yang mempunyai peran penting dalam menentukan prestasi belajar siswa SMP Negeri 15 adalah disiplin belajar, manajemen pembelajaran dan variasi mengajar guru. Akan tetapi, kebenaran dari asumsi atau hipotesis ini masih perlu dibuktikan melalui penelitian agar diperoleh data yang lebih akurat. Dengan demikian masalah penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh antara manajemen pembelajaran, variasi mengajar guru terhadap disiplin belajar siswa. Oleh karena itu patut dipertanyakan bagaimana pengaruh manajemen pembelajaran dan variasi mengajar guru terhadap disiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh manajemen pembelajaran PAI terhadap disiplin belajar siswa, pengaruh variasi mengajar guru terhadap disiplin belajar siswa dan pengaruh manajemen pembelajaran PAI dan variasi mengajar guru secara bersama-sama dengan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 15 Kota Cirebon. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran, bahwa manajemen pembelajaran PAI dan variasi mengajar guru berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa. Bila manajemen pembelajaran PAI dan variasi mengajar guru baik maka disiplin belajar siswa lebih tinggi karena disiplin belajar siswa ditentukan oleh faktor internal maupun eksternal. Dan sebaliknya manajemen pembelajaran PAI dan variasi mengajar guru buruk maka disiplin belajar lebih rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah responden 45 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan studi kepustakaan, observasi, angket dan wawancara. Analisis data digunakan uji statistik dengan menggunakan program SPSS versi 13.0 untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antar variabel yang diteliti. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara manajemen pembelajaran PAI terhadap disiplin belajar siswa, tinggi rendahnya disiplin belajar siswa dipengaruhi oleh tinggi rendahnya manajemen pembelajaran PAI di SMP Negeri 15 Kota Cirebon, sebesar 0,760 atau 76% (dengan kriteria baik). Terdapat pengaruh variasi mengajar guru dengan disiplin belajar siswa, tinggi rendahnya disiplin belajar siswa dipengaruhi oleh tinggi rendahnya variasi mengajar guru di SMP Negeri 15 Kota Cirebon, sebesar 0,197 atau 19,7% (dengan kriteria baik). Manajemen pembelajaran PAI dan variasi mengajar guru secara simultan mempunyai hubungan yang signifikan terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 15 Kota Cirebon, sebesar 0,861 atau 86,1% (pengaruh yang cukup kuat).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 May 2017 01:51
Last Modified: 03 May 2017 01:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2489

Actions (login required)

View Item View Item