EFEKTIVITAS MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KREATIVITAS GURU DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH CIREBON

E. SUKAEDAH A, (2011) EFEKTIVITAS MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KREATIVITAS GURU DI SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MPI-116010027 - Abstraksi.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

E. SUKAEDAH A, NIM 505910013, Efektivitas Manajemen Kurikulum Terpadu dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional dan Kreativitas Guru di SD Al- Irsyad Al-Islamiyyah Cirebon. Kurikulum terpadu merupakan salah satu konsep kurikulum yang dipandang mampu meningkatkan kompetensi profesional dan kreativitas guru dalam pembelajaran di kelas. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan pelaksanaan Manajemen kurikulum terpadu sebagai salah satu strategi pembelajaran. Namun penerapan Manajemen kurikulum terpadu ternyata belum dapat meningkatkan kompetensi profesional dan kreativitas guru dikarenakan guru mengalami kendala-kendala dalam penerapannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, sejauh mana Efektifitas Manajemen kurikulum terpadu dalam meningkatkan kompetensi profesional dan kreativitas guru di SD Al-Irsyad Al- Islamiyyah Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Manajemen kurikulum terpadu, respon guru terhadap penerapan Manajemen kurikulum terpadu dan Efektifitas Manajemen kurikulum terpadu dalam meningkatkan kompetensi professional dan kreativitas guru di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cirebon. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran, bahwa salah aspek yang dapat meningkatkan mutu pendidikan Islam adalah pemberdayaan bidang Manajemen kurikulum di lembaga pendidikan yang bersangkutan. Manajemen kurikulum terpadu pada tingkat lembaga atau sekolah perlu dikoordinir oleh pihak pimpinan (manajer) dan pembantu pimpinan yang dikembangkan secara integral dalam konteks Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) serta disesuaikan dengan visi dan misi lembaga pendidikan yang bersangkutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif normatif dengan metode observasi partisipatif pasif (passive participation), wawancara mendalam (in dept interview), studi dokumentasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaksi (interactive analysis models) yaitu komponen reduksi data dan sajian data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Setelah data terkumpul, maka tiga komponen analisis (reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan) saling berinteraksi.. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Efektifitas Manajemen kurikulum terpadu dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dan kreativitas guru di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cirebon baru mencapai 69,75%. Belum maksimalnya Manajemen kurikulum terpadu dalam meningkatkan kompetensi profesional dan kreativitas guru dikarenakan guru kurang memahami cara menyusun pembelajaran tematik mulai dari penyusunan matriks, tematik, jaring laba-laba, program semester, silabus dan RPP sekaligus dibuat dalam 1 semester.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 May 2017 02:09
Last Modified: 03 May 2017 02:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2494

Actions (login required)

View Item View Item