EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM UPAYA PENCAPAIAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs ANNUR KARANGJUNTI LOSARI BREBES ( Suatu Studi Analisis Pelaksanaan KTSP di MTs Annur Karangjunti Kecamatan Losari Kabupaten Brebes )

NUROHMAN, (2011) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM UPAYA PENCAPAIAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs ANNUR KARANGJUNTI LOSARI BREBES ( Suatu Studi Analisis Pelaksanaan KTSP di MTs Annur Karangjunti Kecamatan Losari Kabupaten Brebes ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MPI-116010033 - Abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

NUROHMAN : Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Upaya Pencapaian Mutu Pendidikan di MTs Annur (Suatu Studi Analisis Pelaksanaan KTSP di MTs Annur Karangjunti). Tesis. Cirebon : Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MTs Annur telah dilaksanakan sejak tahun pelajaran 2006/2007, namun mutu pendidikan belum mencapai hasil yang diharapkan sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan. Masalahnya sejauhmana efektivitas pelaksanaan KTSP dalam upaya pencapaian mutu pendidikan di MTs Annur. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan : (1) Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MTs Annur, (2) Perubahan capaian mutu pendidikan atas upaya pelaksanaan KTSP di MTs Annur , dan (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam Pelaksanaan KTSP di MTs Annur Karangjunti. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan sesuai dengan potensi peserta didik dan karakteristik daerahnya. Desentralisasi pendidikan dibidang kurikulum merupakan kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana yang diobservasi menurut Spradley adalah situasi sosial yang terdiri atas tiga komponen, yaitu place (tempat), actor (pelaku), dan activities (kegiatan). Selain observasi, penelitian ini juga menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dideskripsikan secara mendalam dengan di analogikan kedalam teori-teori pengembangan kurikulum untuk menemukan sebuah sintesa baru. Dan untuk memastikan keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Manajemen pelaksanaan KTSP di MTs Annur masih banyak mengalami kesulitan. Sekolah menerapkan strategi, melalui pemberdayaan sumber daya manusia, mengupayakan sarana dan prasarana yang memadai, serta mengupayakan peran serta masyarakat yang partisipatif, (2) Pencapaian mutu pendidikan atas upaya pelaksanaan KTSP mengalami perubahan walaupun tidak terlalu signifikan, Ada dua faktor yang mempengaruhi pencapaian mutu pendidikan berdasarkan pelaksanaan KTSP, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya adalah terdapat 79,3 % tenaga pendidik (guru) yang mengajar dimadrasah ini berkualifikasi S-1. Sedangkan faktor eksternal diantaranya adalah antusiasme masyarakat, serta lingkungan sekolah yang kondusif dan strategis. Selain faktor pendukung, juga terdapat faktor penghambat, diantaranya sarana dan prasaran yang kurang memadai, dan peran serta masyarakat (komite sekolah) yang kurang partisipatif, (3) Keberhasilan pelaksanaan KTSP dalam upaya pencapaian mutu pendidikan di MTs Annur dapat dirasakan dalam hal prestasi akademik dan non akademik senantiasa mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 May 2017 02:22
Last Modified: 03 May 2017 02:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2499

Actions (login required)

View Item View Item