GURU DALAM PANDANGAN HADITS TARBAWI STUDI KOMPARATIF HADITS-HADITS TENTANG GURU ANTARA KITAB SUNAN AT-TIRMIDZI DENGAN KITAB SUNAN IBNU MAJAH KAITANNYA DENGAN PROFESIONALITAS GURU PAI

RATONI TASWADI, (2011) GURU DALAM PANDANGAN HADITS TARBAWI STUDI KOMPARATIF HADITS-HADITS TENTANG GURU ANTARA KITAB SUNAN AT-TIRMIDZI DENGAN KITAB SUNAN IBNU MAJAH KAITANNYA DENGAN PROFESIONALITAS GURU PAI. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
PAI-116030005.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Guru Dalam Pandangan Hadits Tarbawi, Studi komparatif Hadits-Hadits Tentang Guru Antara Kitab Sunan At-Turmudzi Dengan Kitab Sunan Ibnu Majah Kaitannya Dengan Profesionalitas Guru PAI Salah satu kajian yang menarik dalam pendidikan Islam adalah kajian hadits tarbawi, yaitu suatu kajian yang mengangkat hadits-hadits nabi dari sudut pandang pendidikan. Guru yang merupakan pilar utama dalam pendidikan menjadi tema sentral dalam kajian ini. Kajian ini mengangkat suatu perbandingan dua kitab hadits, Kitab Sunan At- Turmudzi Karya Syekh Abu Isa Muhammad Ibnu Isa Ibnu Saurah dan Kitab Sunan Ibnu Majah Karya Syekh Abdullah Muhammad bin Yazid bin Madjah Ar-Rabi’I tentang sosok guru, bagaimana konsep guru menurut dua kitab hadits tersebut, apa persamaan dan perbedaan serta kelebihan dan kelemahan yang ada pada keduanya kaitannya dengan profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam. Kajian ini bertujuan mendapatkan gambaran tentang sosok guru lewat kajian perbandingan hadits tarbawi dalam dua kitab hadits tersebut, sekaligus mendapatkan penjelasan tentang persamaan dan perbedaan konsep guru serta membuktikan letak kelebihan dan kekurangan kedua hadits tarbawi tersebut kaitannya dengan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam. Metode yang penulis gunakan dalam kajian ini adalah menggunakan model library research (studi pustaka), kajian isi serta analisis-deskriptif dengan objek kajian perbandingan dua kitab hadits, yang memuat hadits-hadits tarbawi tentang sosok guru. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa, terdapat banyak persamaan dan sedikit perbedaan konsep guru dalam dua kitab hadits tersebut. Dilihat dari materi hadits memang terdapat banyak persamaan, bahkan ada beberapa riwayat dari keduanya memilki persamaan isi hampir seratus persen, sehingga kelebihan dan kelemahan dari dua riwayat haditspun tidak jauh berbeda.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 May 2017 02:35
Last Modified: 03 May 2017 02:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2503

Actions (login required)

View Item View Item