PUTUSAN PENGADILAN AGAMA TERHADAP PEMBATALAN NIKAH DISEBABKAN OLEH HUBUNGAN SEDARAH YANG DIKETAHUI SETELAH PERNIKAHAN (Studi Kasus di Pengadilan Agama Sumber dengan Perkara Nomor: 3187/Pdt.G/2011/PA.Sbr)

May Rahayu, (2012) PUTUSAN PENGADILAN AGAMA TERHADAP PEMBATALAN NIKAH DISEBABKAN OLEH HUBUNGAN SEDARAH YANG DIKETAHUI SETELAH PERNIKAHAN (Studi Kasus di Pengadilan Agama Sumber dengan Perkara Nomor: 3187/Pdt.G/2011/PA.Sbr). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
may rahayu_58310088__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

MAY RAHAYU : PUTUSAN PENGADILAN AGAMA TERHADAP PEMBATALAN NIKAH DISEBABKAN OLEH HUBUNGAN SEDARAH YANG DIKETAHUI SETELAH PERNIKAHAN (Studi Kasus di Pengadilan Agama Sumber dengan Perkara Nomor: 3187/Pdt.G/2011/PA.Sbr) Pernikahan yang dibatalkan merupakan pernikahan yang tidak memenuhi rukun dan syarat sahnya perkawinan. Perkara pembatalan nikah ini terdapat di Pengadilan Agama Sumber dengan perkara nomor: 3187/Pdt.G/2011/PA.Sbr yang diajukan oleh Penggugat (istri) untuk dimohonkan putusan batalnya perkawinan. Pembatalan nikah dengan perkara nomor: 3187/Pdt.G/2011/PA.Sbr ini terjadi karena sebab tidak terpenuhinya rukun dan syarat sahnya perkawinan yaitu terdapatnya hubungan sedarah antara Penggugat dengan Tergugat I yang telah jelas perkawinan tersebut diharamkan oleh agama Islam maupun Perundang-undangan yang berlaku. Dalam penelitian ini dirumuskan masalah yang terkait dengan judul tersebut, yakni: pertama, bagaimanakah duduk perkara terjadinya pembatalan nikah perkara nomor: 3187/Pdt.G/2011/PA.Sbr?; kedua, bagaimanakah putusan Hakim Pengadilan Agama terhadap perkara pembatalan nikah nomor: 3187/Pdt.G/2011/PA.Sbr?; ketiga, bagaimanakah akibat hukum yang ditimbulkan dari perkara pembatalan nikah nomor: 3187/Pdt.G/2011/PA.Sbr?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mangetahui duduk perkara terjadinya pembatalan nikah, 2). Mengetahui Putusan Hakim Pengadilan Agama terhadap perkara pembatalan nikah, 3). Mengetahui akibat hukum yang ditimbulkan atas perkara tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian dengan teknik pengumpulan data studi lapangan dengan dibantu studi pustaka sebagai bahan penunjang penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis analisis. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, pernikahan yang dilangsungkan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cirebon Barat Kabupaten Cirebon pada tanggal 02 September 2003 dan telah terdaftar dalam buku register dengan nomor: 549/12/IX/2003 ini terbukti bahwa di antara Penggugat dengan Tergugat I masih memiliki hubungan sedarah berdasarkan pengakuan keduanya serta para saksi dalam persidangan. Kedua, putusan Hakim Pengadilan Agama Sumber yaitu menetapkan batalnya perkawinan antara Penggugat dengan Tergugat 1 dan menyatakan Akta Nikah serta Kutipan Akta Nikah Nomor: 549/12/IX/2003 tidak berkekuatan hukum. Ketiga, Akibat hukum dari perkara pembatalan nikah tersebut berdasarkan penelitian studi pustaka yang dilakukan oleh penulis yaitu tidak berlaku surut terhadap anak artinya anak tersebut tetap anak sah dan dapat mewarisi dari kedua orang tuanya sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 yaitu Bab IV Pasal 28 dan dalam Pasal 75 dan 76 Kompilasi Hukum Islam (KHI).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 02:47
Last Modified: 07 Jun 2017 04:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item