HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI SISWA MI PUI MAJASARI KECAMATAN LIGUNG KABUPATEN MAJALENGKA

RIKA ROHAYANI, (2011) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI SISWA MI PUI MAJASARI KECAMATAN LIGUNG KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
PPI-116020006.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Identitas Penulis : RIKA ROHAYANI Judul Tesis : HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI SISWA MI PUI MAJASARI KECAMATAN LIGUNG KABUPATEN MAJALENGKA Penelitian ini dilaksanakan di MI PUI Majasari Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka yang berdiri pada tahun 1948, dengan visi: mewujudkan pribadi yang beriman, bertaqwa, berilmu, beramal, dan berakhlak mulia. Sebagai bentuk pengejawatan visi ini, maka disusun program kegiatan yang menyangkut pembinaan secara akademik, akhlak mulia dan kedisiplinan belajar. Dengan program-program ini diharapkan siswa menjadi manusia unggul yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik, bercirikan budaya nasional Indonesia, berakhlak mulia, dan berdisiplin. Dalam kenyataannya masih ditemukannya, prestasi yang dicapai sebagian siswa MI PUI Majasari rendah, dan kurangnya kedisiplinan yaitu masih banyaknya pelanggaran tata tertib di sekolah. Ternyata pelanggaran tata tertib banyak dilakukan siswa yang berprestasi rendah. Hal ini diduga karena kurangnya aktivitas siswa dalam belajar yang juga disebabkan kurangnya perhatian dari orang tua terhadap belajar siswa di rumah. Dugaan tersebut berdasarkan dari pernyataan beberapa orang siswa yang menyatakan bahwa orang tua mereka jarang sekali mengawasi ataupun menemani mereka belajar di rumah. Fenomena ini mengundang rasa penasaran bagi penulis untuk melakukan field research, guna mengetahui seberapa besar hubungan perhatian orang tua dan disiplin belajar dengan prestasi siswa. Dasar pemikiran dalam penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa prestasi siswa dapat dipengaruhi beberapa faktor, salah satu diantaranya perhatian orang tua dan penerapan disiplin belajar siswa. Dimana anak yang berhasil di sekolah adalah anak yang berlatar belakang dari keluarga yang berhubungan akrab, penuh kasih sayang, dan menerapkan disiplin berdasarkan kecintaan, artinya prestasi siswa dapat dipengaruhi perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar siswa. Dalam penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor penyebab kurangnya perhatian dan disiplin orang tua siswa MI PUI Majasari dalam mendidik anaknya di rumah, dan membuktikan hubungan rendahnya prestasi siswa dengan kurangnya perhatian dan disiplin orang tua. Penulis juga menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Adapun populasi yang digunakan adalah populasi terbatas dan heterogen dengan teknik random sampling (undian). Dalam upaya pengumpulan data, maka penulis menggunakan instrumen berupa angket, dokumentasi, dan observasi. Hasilnya dianalisa dengan menggunakan SPSS Versi 18. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara kuantitatif menunjukan adanya hubungan yang signifikan sebesar 0,697 antara kurangnya perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa di MI PUI Majasari artinya semakin kurang perhatian dan disiplin orang tua kemungkinan akan semakin rendah prestasi belajar siswa, kecuali yang mempunyai disiplin belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 May 2017 03:35
Last Modified: 03 May 2017 03:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item View Item