PENGARUH PERSEPSI ANGGOTA TENTANG PROMOSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGAMBIL PRODUK PEMBIAYAAN (Studi Kasus Pada BMT Ikhlasul Amal KarangAmpel Indramayu)

Fauziah Shofiyani, (2011) PENGARUH PERSEPSI ANGGOTA TENTANG PROMOSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGAMBIL PRODUK PEMBIAYAAN (Studi Kasus Pada BMT Ikhlasul Amal KarangAmpel Indramayu). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Fauziyah S-min.pdf

Download (810kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Fauziah Shofiyani : Pengaruh Persepsi Anggota Tentang Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Mengambil Produk Pembiayaan (Studi Kasus Pada BMT Ikhlasul Amal KarangAmpel Indramayu) Pada dasarnya setiap orang baik muslim maupun non muslim, akan bertindak dan berprilaku sesuai dengan persepsi dan pemahaman yang dimiliki. Artinya, sebelum seseorang melakukan perbuatan atau pekerjaan yang menjadi tujuannya, dia harus berbekal dengan sejumlah pemahaman. Dengan kata lain, perbuatan seseorang ditentukan oleh cara pandangnya. Dalam konteks BMT, persepsi seseorang menentukan sikap seseorang percaya untuk menggunakan BMT dalam aktivitas ekonominya, baik itu menabung maupun melakukan jasa lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi anggota tentang promosi produk pembiayaan di BMT Ikhlasul Amal, adakah pengaruh persepsi anggota tentang promosi terhadap pengambilan keputusan mengambil produk pembiayaan pada BMT Ikhlasul Amal. Tujuan penulisan skripsi ini yaitu ingin meneliti bagaimana persepsi anggota tentang promosi produk pembiayaan BMT Ikhlasul Amal, bagaimana pengambilan keputusan anggota mengambil produk pembiayaan pada BMT Ikhlasul Amal, dan adakah pengaruh persepsi tentang promosi terhadap pengambilan keputusan mengambil produk pembiayaan pada BMT Ikhlasul Amal Karang Ampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis assosiatif, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan angket yang dibagikan kepada nasabah BMT Ikhlasul Amal untuk dijadikan sampel. Untuk mengetahui pengaruh persepsi anggota tentang promosi terhadap pengambilan keputusan mengambil produk pembiayaan menggunakan koefisien korelasi Spearman Rank. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa produk Pembiayaan di BMT Ikhlasul Amal menggunakan prinsip-prinsip syari’ah. Persepsi anggota tentang promosi terhadap pengambilan keputusan mengambil produk pembiayaan pada BMT Ikhlasul Amal KarangAmpel Indramayu dinyatakan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data 60 % nasabah menyatakan setuju dengan kegiatan promosi yang dilakukan BMT dapat menginformasikan produk pembiayaan yang dimiliki. Sementara itu hasil pengolahan data 75% anggota menyatakan setuju bahwa setelah mengetahui produk pembiayaan BMT dari promosi, anggota berminat mengambil modal pada BMT untuk memperlancar usahanya. Persepsi anggota tentang promosi ada pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan mengambil produk pembiayaan. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji statistik yang diperoleh koefisen korelasi r = 0,324 yang dapat dikategorikan pada koefisien korelasi rendah. Jadi, terdapat pengaruh yang cukup antara persepsi anggota tentang promosi terhadap pengambilan keputusan mengambil produk pembiayaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 May 2017 01:33
Last Modified: 04 May 2017 01:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2538

Actions (login required)

View Item View Item