ETIKA JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL CELANCANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

AZIZAH, (2016) ETIKA JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL CELANCANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AZIZAH-min.pdf

Download (456kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

AZIZAH. 14122210942. Etika Jual Beli Di Pasar Tradisional Celancang Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi 2016 Pasar mendapatkan kedudukan yang penting dalam perekonomian Islam. Rasulullah SAW sangat mementingkan etika dalam jual beli. Oleh karena itu, Islam menekankan adanya moralitas seperti, kejujuran, amanah, keadilan, nasihatmenasihati, tidak ada unsur penipuan dan barang yang dijual harus Halal dalam hal zat dan cara memperolehnya merupakan tanggung jawab bagi setiap pelaku pasar. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih pasar Celancang sebagai obyek penelitian. Alasanya adalah pasar Celancang merupakan pasar tradisional yang ada di Purwawinanggun dan pasar tradisional adalah tempat yang rentan akan penyimpanganpenyimpangan, seperti menjual makanan yang sudah kadaluarsa dan pihak pengelola mengetahui namun tidak ada tindakan apapun. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah etika jual beli dalam Islam diterapkan di pasar tradisonal celancang serta mengetahui apa yang menjadi kendala dalam penerapan etika jual beli dalam persfektif ekonomi Islam di Pasar Tradisional Celancang. Kemudian tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui etika jual beli di pasar tradisional dalam persfektif ekonomi Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam hal ini peneliti mendeskripsikan etika jual beli di pasar tradisional celancang dalam persfektif ekonomi Islam. Oleh karena itu peneliti melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Peneliti melakukan pengecekan ulang terhadap data yang diperoleh dan menggunakan teknik triangulasi, dengan tujuan untuk mendapatkan kevalidan data. Setelah itu, menganalisisnya melalui reduksi data, penyajian data, dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan etika jual beli di pasar tradisional Celancang dalam persfektif ekonomi Islam belum berjalan secara efektif dan belum sesuai dengan Islam. Karena ada beberapa pedagang tidak menggunakan etika dengan baik yaitu dengan berjualan makanan yang sudah kadaluarsa. Kendala yang berada di pasar Celancang adalah Tidak adanya lembaga yang mengawasi jual beli di pasar Celancang. Kata Kunci : Pasar Tradisional, Etika Jual Beli, Etika Jual Beli dalam Islam

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 May 2017 01:51
Last Modified: 04 May 2017 01:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item View Item