STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRI TELUR ASIN FURI JAYA DESA CIGEDOG KABUPATEN BREBES DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

HIKMATUNNISA, (2016) STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRI TELUR ASIN FURI JAYA DESA CIGEDOG KABUPATEN BREBES DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HIKMAHTUNNISA-min.pdf

Download (409kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

HIKMATUNNISA. NIM. 14112210054: STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRI TELUR ASIN FURI JAYA DESA CIGEDOG KABUPATEN BREBES DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH Strategi pemasaran adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran. Prinsip pemasaran Islami yaitu: berlaku adil, tanggap terhadap perubahaan, berbuat yang terbaik dari sisi produk dan harga, rela sama rela dan adanya hak khiyar pada pembeli (hak pembatalan terhadap transaksi), dan berorientasi kualitas. Toko Telur Asin Furi Jaya adalah salah satu unit usaha pembuatan telur asin yang terletak di Desa Cigedog Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Bahan baku yang digunakan dalam kegiatan produksi berupa telur bebek, garam, dan adonan lain dapat dinyatakan halal baik dilihat dari aspek bahannya maupun cara memperolehnya. Cara pengolahan bahan baku telur asin pun dilakukan dengan baik seperti penggunaan air yang bersih, tempat yang bersih dan peralatan yang steril. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana cara memproduksi Telur Asin Furi Jaya, bagaimana strategi pemasaran Toko Telur Asin Furi Jaya dilihat dari perspektif hukum ekonomi Islam, serta kendala apakah yang dihadapi oleh Toko Telur Asin Furi Jaya dan bagaimana solusinya dalam melakukan strategi pemasaran yang sesuai dengan hukum ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara memproduksi telur asin pada prinsipnya sama dengan proses pembuatan telur asin secara umum. Strategi pemasaran dilihat dari perspektif hukum ekonomi Islam mengindikasikan sudah Islami meskipun pada beberapa hal ada yang masih kurang penerapannya. Pihak toko mampu menerapkan prinsip-prinsip pemasaran Islam dengan baik yang meliputi berlaku adil, tanggap terhadap perubahaan, berbuat yang terbaik dari sisi produk dan harga, rela sama rela dan adanya hak khiyar pada pembeli (hak pembatalan terhadap transaksi), dan berorientasi kualitas. Kendala yang dihadapi yaitu kadangkala kesulitan dalam memperoleh bahan baku, kenaikan harga barang-barang, pesaing yang cukup banyak dan berdekatan, dan minimnya anggaran biaya promosi. Solusi dalam melakukan strategi pemasaran yang sesuai dengan hukum ekonomi Islam ialah dengan lebih meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai ekonomi Islam, berkonsultasi dengan ahli ekonomi Islam, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Kata Kunci: Strategi Pemasaran dan Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 May 2017 02:27
Last Modified: 04 May 2017 02:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item