PERKEMBANGAN PRODUK INVESTASI EMAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT NASABAH (STUDI KASUS PADA PRODUK MURABAHAH LOGAM MULIA UNTUK INVESTASI ABADI (MULIA) DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG CIREBON)

LINDA LESTARI, (2016) PERKEMBANGAN PRODUK INVESTASI EMAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT NASABAH (STUDI KASUS PADA PRODUK MURABAHAH LOGAM MULIA UNTUK INVESTASI ABADI (MULIA) DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG CIREBON). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LINDA LESTARI-min.pdf

Download (488kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

LINDA LESTARI (14112210078) : “Pengembangan Produk Investasi Emas Untuk Meningkatkan Minat Nasabah (Studi Kasus Produk Murabahah Logam Mulia Untuk Investasi Abadi (Mulia) di Pegadaian Syariah Cabang Cirebon”. Skripsi, 2016. Pegadaian Syariah sendiri memilki empat produk yang ditawarkan. Yaitu, Rahn adalah produk jasa gadai yang berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah. Kedua, Arum yakni skim pinjaman dengan sistem syariah bagi pengusaha mikro dan kecil untuk keperluan pengembangan usaha dengan sistem pengembalian secara angsuran. Ketiga, produk Logam Mulia atau emas batangan murni 99,99 % ada sertifikat dan ID Number. Logam Mulia atau emas mempunyai berbagai aspek yang menyentuh kebutuhan manusia di samping memiliki nilai estetis yang tinggi juga merupakan jenis investasi yang nilainya stabil, likuid, dan aman secara real, dan yang keempat yaitu produk Amanah yakni produk kepemilikan kendaraan bermotor juga untuk jumlah pembiayaan tertentu bisa dengan emas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme transaksi produk mulia di Pegadaian Syariah Cipto Cirebon, untuk mengetahui strategi pemasaran produk mulia di Pegadaian Syariah Cipto Cirebon dan untuk mengetahui perkembangan investasi emas pada produk mulia di Pegadaian Syariah Cipto Cirebon. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dimana penelitian akan meneliti pada suatu objek yang dituju dan peneliti adalah sebagai instrumen kunci dalam penelitian. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer, dimana peneliti memperoleh langsung dari responden atau objek yang diteliti, dan data sekunder adalah data yang diperoleh langsung dari Pegadaian Syariah. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis data pada penelitian ini bersifat induktif dan pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah metode triangulasi. Investasi emas dapat menjadi alternatif baik dalam dunia investasi saat ini khususnya di Pegadaian Syariah Cabang Cirebon, dengan terbuat 99,99% emas murni Pegadaian Syariah Cabang Cirebon mampu memberikan daya tarik tersendiri. Survey membuktikan peminat investasi emas pada produk mulia di pegadaian syariah cipto meningkat di bulan agustus dengan jumlah nasabah 14 orang dan pada bulan oktober jumlah nasabah meningkat menjadi 23 orang. Kata Kunci: Pengembangan Produk Investasi Emas, Meningkatkan Minat Nasabah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 May 2017 02:52
Last Modified: 04 May 2017 02:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2580

Actions (login required)

View Item View Item