PENGARUH PENERAPAN SISTEM PENDISTRIBUSIAN ZAKAT TERHADAP KESADARAN MUZAKKI DI DESA CIBEBER KECAMATAN SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU

ABDUL GHONI, (2012) PENGARUH PENERAPAN SISTEM PENDISTRIBUSIAN ZAKAT TERHADAP KESADARAN MUZAKKI DI DESA CIBEBER KECAMATAN SUKAGUMIWANG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ABDUL GHONI_07320123__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABDUL GHONI : Pengaruh Penerapan Sitem Pendistribusian zakat Terhadap Kesadaram Muzakki di Desa Cibeber Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu Harta yang dikaruniakan Allah SWT kepada kita merupakan barang titipan. Harta yang Allah SWT titipkan kepada kita bukan sepenuhnya mutlak milik kita didalam harta tersebut terdapat harta yang merupakan hak bagi orang-orang fakir dan orang miskin. Perbedaan dalam kemampuan dan kekuatan ini untuk menguji sampai dimana kita mampu untuk melaksanakan ajaran-ajaran Allah, dimana kita saling tolong menolong dan bantu membantu.. Amil zakat merupakan lembaga yang memiliki sejumlah peran, yakni tempat penyimpanan zakat, pengumpulan, pendayagunaan, serta distribusi dana tersebut. Berangkat dari pemikiran dan pembuktian diatas, maka dirumuskan masalah terkait judul diatas yakni : 1. Bagaimana sistem pendistribusian zakat mal di lingkungan masyarakat Desa Cibeber Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu, 2. Bagaimana kesadaran masyarakat untuk menunaikan zakat mal di desa Cibeber Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu, 2. Bagaimana pengaruh pendistribusian zakat terhadap kesadaran masyarakat untuk menunaikan zakat. Tujuannya yakni : 1. untuk menganalisis sistem pendistribusian zakat mal di lingkungan masyarakat Desa Cibeber Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. 2. menganalisis kesadaran masyarakat untuk menunaikan zakat mal dan 3. bagaimana pengaruh pendistribusian zakat tersebut terhadap kesadaran masyarakat untuk berzakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan kuantitatif bersumber dari data yang dihasilkan dengan menggunakan metode deskriptif. bahan penyusunan penelitian ini, dengan metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, angket, kuesioner, sampel, populasi dan lain-lain. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang wajib membayar zakat maal sebanyak 300 orang. Namun sampel yang dijadikan responden adalah sebesar 30 orang.. Hasil penelitian dapat diketahui distribusi zakat berpengaruh terhadap kesadaran masyarakat dengan tingkat kesalahan sebesar 5% yang memiliki nilai signifikasi 0,000 < 0,05 artinya mengandung hubungan yang signifikan dan (Ha) diterima, sementara thitung sebesar 6.778 > ttabel 1,70113.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:29
Last Modified: 05 Jun 2017 07:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item