PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 1 CILIMUS

RACHMAYANTI, (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 1 CILIMUS. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360002_RACHMAYANTI__OK.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

RACHMAYANTI : “Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Ekosistem di Kelas VII SMP Negeri 1 Cilimus” Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Guru selalu menggunakan metode ceramah yang divariasi dengan diskusi. Untuk itu, diperlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk aktif bertanya sehingga dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Strategi pembelajaran Learning Starts With A Question adalah suatu strategi pembelajaran yang diawali dengan pertanyaan dari siswa. Strategi pembelajaran Learning Starts With A Question merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dan berani bertanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question pada pokok bahasan Ekosistem, untuk mengkaji perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa antara yang menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dengan yang menggunakan strategi konvensional, untuk menerangkan respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. Penggunaan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question ini memudahkan siswa dalam persiapan menerima pelajaran yang disampaikan guru sehingga lebih mudah memahami pelajaran. Pada strategi ini siswa dituntut untuk membaca materi terlebih dahulu sebelum dijelaskan oleh guru. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 siswa dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol sebanyak 40 siswa. Data hasil penelitian kemudian di analisis dengan menggunakan SPSS 16 for window melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question pada pokok bahasan Ekosistem siswa menjadi lebih aktif dalam bertanya. Hal ini terbukti pada saat proses pembelajaran berlangsung sebagian besar dari siswa mengajukan pertanyaan. Berdasarkan uji T, terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dengan yang menggunakan strategi konvensional. Terbukti dari hasil perhitungan uji T menggunakan SPSS 16 for window diperoleh nilai sig. 0,042 < (0,05). Berdasarkan hasil analisis angket sebagian besar dari siswa merasa tertarik dengan penerapan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question, hal ini ditunjukan dengan hasil analisis angket yang sebagiansetuju sebanyak 58%. Kata kunci: strategi pembelajaran Learning Starts With A Question, penguasaan konsep.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:34
Last Modified: 07 Jun 2017 01:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item