ETIKA JUAL BELI ONLINE MAHASISWA DAN ALUMNI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

ANJAS NIDA’UL KHASANAH, (2017) ETIKA JUAL BELI ONLINE MAHASISWA DAN ALUMNI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ANJAS NIDA%u2019UL KHASANAH-min.pdf

Download (560kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

ANJAS NIDA’UL KHASANAH NIM:14112210018 ”ETIKA JUAL BELI ONLINE MAHASISWA DAN ALUMNI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM”. Perkembangan tekhnologi, memaksa manusia selalu melakukan inovasi, termasuk dalam hal jual-beli, saat ini, sering dengan menjamurnya penggunaan internet berimplikasi pada lahirnya model jual-beli baru. Salah satu bentuk jualbeli yang lahir akibat munculnya jaringan internet diantaranya adalah jual-beli secara online. Mulai dengan ”online-nisasi” toko konvensional, hingga yang murni jual beli-online. Secara metodologi, penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field research). Penyusun menggunakan analisis kualitatif yang berlangsung selama dan setelah pengumpulan data dengan metode wawancara terstruktur. Analisis data digunakan menggunakan teori jual beli dan etika bisnis. Sedangkan pengambilan data untuk sample dilakukan dengan metode purposive sampling, yakni responden diambil dari para pelaku bisnis online dari kalangan mahasiswa dan alumni IAIN cirebon. Hasil dari penelitian ini Berdasarkan rumusan masalah dapat diketahui bahwa etika bisnis Islam terhadap jual beli online mahasiswa dan Alumni IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada umumnya telah sesuai dengan etika bisnis Islam yang diajarkan dalam Islam yang meliputi, Amanah, Jujur, menjual barang yang halal, menjual barang yang baik mutunya, tidak menyembunyikan cacat barang, tidak melakukan sumpah palsu. longgar dan murah hati, tidak menyaingi pedagang lain, mencatat jika ada yang berhutang, mengeluarkan zakat apabila sampai nisab, tidak lalai dalam menjalankan perintah Allah. Namun, sebagian masih ada yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu bersumpah agar pembeli percaya dan yakin untuk membeli barangnya, tidak ramah pada saat ada calon pembeli yang tidak jadi membeli barang dagangannya, tidak menempati janji dalam perkiraan barang datang. . KATA KUNCI : Etika, Jual Beli Online, Etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 May 2017 04:49
Last Modified: 04 May 2017 04:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2611

Actions (login required)

View Item View Item