PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI MTs AL MUJAHIDIN JUNTINYUAT KABUPATEN INDRAMAYU

RUKHANAH, (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI MTs AL MUJAHIDIN JUNTINYUAT KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RUKHANAH_58461282__ok.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

RUKHANAH : Penerapan Metode Pembelajaran Take and Give Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pengelolaan Lingkungan Di Kelas VII MTs Al Mujahidin Juntinyuat Kabupaten Indramayu Pendidikan memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Berawal dari kesuksesan di bidang pendidikan suatu bangsa menjadi maju. Oleh sebab itu penulis sebagai pendidik masa depan bertujuan untuk memajukan pendidikan dalam hal pengajaran. Metode mengajar adalah cara yang merupakan bagian dari perangkat alat dan cara dalam pelaksanaan suatu strategi belajar mengajar. Metode pembelajaran merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan. Dengan menggunakan metode secara akurat diharapkan mampu mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan haisl belajar siswa antara yang menggunakan metode pembelajaran Take and Give dengan yang tidak menggunakan metode pembelajaran Take and Give pada pokok bahasan pengelolaan lingkungan, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Take and Give dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Take and Give pada pokok bahasan pengelolaan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kelas eksperimen sebanyak 31 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Peneliti mengambil data melalui tes berupa tes pilihan ganda yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 30 soal, sedangkan untuk kelas eksperimen ditambah dengan lembar observasi dan angket sebagai teknik pengumpulan data. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : 1). Penerapan metode pembelajaran Take and Give memberikan perbedaan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari jumlah N-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,49, sedangkan Ngain kelas kontrol memperoleh rata-rata 0.36. 2) Penerapan metode pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan dari aktivitas siswa yaitu dari 68.23% meningkat menjadi 70.32%. Jadi, rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran adalah 69.28% yang artinya baik. 3) Respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Take and Give pada pokok bahasan pengelolaan lingkungan rata-rata respon siswa dari 20 pernyataan angket tersebut adalah 81,5% yang artinya respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Take and Give pokok bahasan pengelolaaan lingkungan adalah sangat kuat. Kata Kunci : Metode pembelajaran Take and Give, Materi Pengelolaan Lingkungan dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:50
Last Modified: 07 Jun 2017 01:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item