PENGGUNAAN MEDIA BIOCARDS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM KEKEBALAN TUBUH KELAS XI SMA NEGERI 8 CIREBON

UNSPECIFIED (2012) PENGGUNAAN MEDIA BIOCARDS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM KEKEBALAN TUBUH KELAS XI SMA NEGERI 8 CIREBON. Post-Doctoral thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360004_DWI ISTIANI__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dwi Istiani, Penggunaan Media Biocards terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Kelas XI SMA Negeri 8 Cirebon, Fakultas Tarbiyah Prodi IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2012. Pembimbing: (I) Djohar Maknun, S.Si., M.Si., (II) Evi Roviati S.Si., M.Pd. Kata kunci: Media, Biocards, Penguasaan konsep. Latar belakang penelitian yaitu siswa belum menguasai konsep materi, ini terlihat dari nilai siswa dibawah KKM sekitar 73,5%, maka untuk mendapatkan nilai sesuai KKM, siswa harus menguasai konsep sebuah materi. Konsep merupakan dasar batu-batu pembangunan berpikir (Dahar,1989:79), sehingga konsep itu penting dalam berfikir. Dan dalam pembelajaran biologi belum menggunakan media biocards. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengkaji penguasaan konsep materi sistem kekebalan tubuh di kelas yang menggunakan media biocards; (2) Mengkaji penguasaan konsep materi sistem kekebalan tubuh di kelas yang tidak menggunakan media biocards; (3) Mengkaji perbedaan penguasaan konsep materi sistem kekebalan tubuh di kelas yang menggunakan media biocards dan yang tidak menggunakan media biocards; (4) Mengkaji respon siswa terhadap penggunaan media biocards dalam proses KBM. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu control group pretest posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan instrumen test (pretest dan posttest) dan angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA SMA Negeri 8 Cirebon yang berjumlah 144 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas XI IPA1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik random sampling atau pemilihan acak. Kelas eksperimen dalam pembelajaran menggunakan biocards sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media biocards. Biocards merupakan media yang berupa kartu dan di dalamnya terdapat konsep atau materi atau juga kata kunci yang akan diajarkan (Crowel,1994). Hasil dari pretest dan posttest kelas eksperimen mendapat nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol ini terlihat dari rerata nilai kelas eksperimen yaitu 7,91 sedangkan kelas kontrol 7,10. Penguasaan konsep kelas eksperimen sebesar 56% sedangkan kelas kontrol sebesar 19%. Dan siswa merespon media biocards ini dengan kuat ini terlihat dari hasil angket sebesar 73%. Peningkatan dari hasil test dan angket tersebut dapat disimpulkan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa media biocards dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Dan ini sesuai dengan hipotesis yaitu terdapat perbedaan penguasaan konsep materi sistem kekebalan tubuh di kelas yang menggunakan media biocards (kelas eksperimen) dan di kelas yang tidak menggunakan biocards (kelas kontrol).

[error in script]
Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:59
Last Modified: 17 Jan 2017 03:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item